berita

10 Dosen Teknik Informatika UNTAG Surabaya Mengikuti Workshop Metodologi Penelitian Sistem Informasi

Kusnan | Rabu, 02 Agustus 2017 - 09:57:49 WIB | dibaca: 378 pembaca

Sepuluh dosen Program Studi (Prodi) Teknik Informatika UNTAG Surabaya berkesempatan mengikuti Workshop Metodologi Penelitian Sistem Informasi di Yogyakarta selama dua hari (26-27 Juli 2017). Kegiatan yang bertempat di Hotel Puri Artha tersebut diselenggarakan oleh Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Sistem informasi adalah sebuah disiplin baru yang belum sepenuhnya mapan, seperti disiplin matematika atau ekonomi. Akan tetapi secara garis besar, lingkup penelitian sistem informasi meliputi pengembangan, penggunaan dan aplikasi sistem informasi oleh individu, organisasi dan masyarakat.

'Metodologi memang sangat penting dalam sebuah penelitian. Selama workshop banyak yang disampaikan oleh pemateri seperti perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam bidang sistem informasi, dan cara mencari jurnal yang relevan dengan penelitian,' kata Kaprodi Teknik Informatika Geri Kusnanto, S.Kom, MM saat ditemui warta17agustus.com, Selasa (1/8).

Adapun metode penelitian yang paling sering digunakan adalah metode kuantitatif dan metode kualitatif. Secara umum, metode kuantitatif yang berasal dari ilmu-ilmu alam dikembangkan untuk mempelajari fenomena alam. Pendekatan kuantitatif digunakan hampir pada semua penelitian dalam bidang sistem informasi pada tahap awal perkembangannya. Sebaliknya, metode kualitatif awalnya dikembangkan dalam bidang ilmu ilmu sosial untuk mempelajari fenomena sosial dan budaya.

'Yang sering digunakan di Prodi Teknik Informatika selama ini adalah metodologi kualitatif, untuk kuantitatif belum banyak. Untuk itu, kedepan secara bertahap akan kita terapkan. Kemarin ada 10 dosen yang ikut workshop,' tambahnya.

Lebih lanjut Geri mengatakan, dengan mengikuti Workshop Metodologi Penelitian Sistem Informasi dapat  menambah pengetahuan dan wawasan dosen Teknik Informatika. Terlebih lagi bagi dosen yang ingin melanjutkan studi lanjut doktoral (S3).

'Dengan mengikuti workshop tersebut akhirnya muncul ide penelitian yang akan dilakukan. Semoga penelitian dosen di Prodi Teknik Informatika bisa meningkat,' pungkasnya.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)