Religi

10 Nasehat Sebelum Ramadhan

Latifah | Selasa, 08 Mei 2018 - 10:02:14 WIB | dibaca: 246 pembaca

Bulan yang penuh keitimewaan sudah hampir datang menghampiri Umat Muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadhan memiliki banyak keberkahan, keutamaan dan berbagai keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya. Maka sudah seharusnya ketika bulan yang di nanti-nanti itu akan datang tunggulah dengan banyak persiapan.

Kurang dari sepuluh hari bulan Ramadhan akan datang. Maka biasakanlah beberapa perkara ini untuk menghadapi bulan Ampunan;

1. Sudahilah/perbaikilah segala macam bentuk permusuhan dengan sesama manusia.

Karena permusuhan itu penghalang diampuninya dosa. Nabi salallahu Alaihissalam bersabda : ''Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.'' (HR. Muslim).

2. Tinjaulah Makanan kalian, pastikan kehalalannya.

Karena makanan yang halal salah satu sebab diampuni dosa, dimudahkan untuk melakukan ketaatan kepada Allah. Tidak layak bagi kaum muslimin yang puasa, tapi berbuka dengan makanan haram.

3. Latihlah diri dengan perbanyak puasa, meskipun hanya dengan puasa senin kamis.

4. Biasakan hati untuk bisa melakukan qiyamul lail 11 rakaat meskipun dengan baca surat-surat pendek.

5. Biasakan untuk rajin sedekah meskipun dengan 1 junaih (700 rupiah), agar malaikat selalu mendoakanmu : ''Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak'' (Muttafaq Alaihi)

6. Jagalah lisan dari segala bentuk celaan, sehingga terbiasa tatkala bulan Ramadhan dengan lisan yang bersih dari umpatan.

7. Bacalah Al-Quran, jangan meningglakan Al-Quran.

Berkatalah Rasul: ''Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Quran itu sesuatu yang tidak diacuhkan''. (QS. Al-Furqon : 30 ). Bacalah 1 juz dari sekarang, jangan nunggu Ramadhan untuk berdekatan dengan Al-Quran.

8. Sambunglah silaturahmi mulai dari sekarang meskipun hanya dengan menelpon.

9. Jagalah pandangan kalian terhadap wanita atau dari tontonan haram, jangan pandang manusia dengan pandangan syahwat, kedengkian atau menganggapnya remeh/mengolok-oloknya.

10. Tiga amalan yang tidak ada selain di bulan Ramadhan. Puasa Ramadhan, Qiyam Ramadhan dan Lailatul Qodr. Jangan sibuk dengan dunia seperti melihat sinetron, semua film yang diputar pada bulan Ramadhan akan diulang, tapi perkara 3 tadi tidak bisa diulang kecuali masih bisa bertemu Ramadhan yang akan datang.

Semoga menjadi golongan yang beruntung untuk dapat meraup ampunan sebanyak-banyaknya dari Allah Ta’ala.

Sumber: https://www.ruangmuslimah.co/35385-10-nasehat-sebelum-ramadhan








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)