Religi

3 Kunci Yang Bisa Mendorong Seseorang Istiqomah

Redaksi | Jumat, 17 Mei 2019 - 11:10:23 WIB | dibaca: 231 pembaca

Hidup setiap manusia pasti memiliki tujuan masing – masing yang berbeda antara satu dengan yang lain. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, seseorang harus konsisten terhadap apa yang dilakukannya. Dalam Islam, konsisten dapat juga disebut sebagai istiqomah. Seorang muslim yang baik diharapakan istiqamah untuk menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Perlu usaha yang keras, hati yang tulus dan ikhlas agar dapat menjadi seseorang yang istiqomah di jalan Allah SWT.

Dalam Al - Quran surat Fusilat ayat 30, Allah berfirman bahwa surga akan dijanjikan bagi meraka orang – orang muslim yang beristiqamah dalam ibadahnya. Firman Allah yang artinya :

‘’Sesungguhnya orang – orang yang mengatakan : ‘’Tuhan kami ialah Allah’’ kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka (istiqamah), maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan : ‘’Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih ; dan gembirakanlah mereka dengan Jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu.’’ (QS. Fushshilat : 30)

Dari firman Allah SWT di atas bahwa istiqamah diartikan sebagai teguh pendirian atau konsisten pada jalan yang benar. Hal Ini mengindikasikan bahwa apapun yang telah diputuskan, maka harus dapat dijalani dengan teguh, walaupun terkadang halangan atau gangguan – ganggan datang yang menimbulkan perbuatan negatif muncul seperti berkeluh kesah dan lain sebagainnya. Dari sini bisa disimpulkan bahwa istiqamah menetapi jalan kebenaran dengan pendirian yang teguh.

Lalu seperti apa agar dapat menjalani atau mengimani sesuatu dengan cara yang istiqomah ?

Ustadz Naruto (Marzuki Imran) dalam acara Kemilau Cinta Ramadhan – Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (UKMKI) Untag Surabaya, Rabu, (15/05/2019) di Plaza Proklamasi Untag Surabaya menjelaskan terkait hal – hal yang dapat mendorong seorang muslim istiqomah. Dalam kajian tersebut Ustadz Naruto mengatakan ada 3 kunci yang bisa mendorong seseorang istiqomah.

Pertama, yaitu memaksa diri sendiri untuk tetap fokus terhadap tujuan. Ini dapat diartikan, bahwa seseorang yang lebih fokus dan konsisten atas apa yang dilakukan untuk suatu tujuan tertentu akan jauh lebih cepat tercapai daripada pada seseorang yang tidak konsisten. Terkait hal tersebut Ustadz Naruto contoh ketika seorang muslim melakukan sholat tahajud dengan cara istiqomah, maka akan ada empat baris malaikat mengikuti sholat dibelakangnya dari ujung kanan hingga ujung kiri, yang panjangnya hanya di ketahui oleh Allah SWT saja. Sedangkan pahalanya setara dengan jumlah sayap malaikat yang mengikuti solat tahajud tersebut.

Kedua, dipaksa oleh orang lain. Dimaksud adalah dengan bergaul serta memperbanyak waktu untuk berkumpul bersama orang – orang sholeh. Hal ini yang membuat seseorang dapat terpengaruh  perbuatan – perbuatan positif yang dilakukan orang – orang sholeh tersebut. Dan pada suatu ketika seseorang pasti akan merasa malu jika meninggalkan kebiasan baik yang dilakukan di lingkungan tersebut, seperti taat mengerjakan sholat tepat waktu, membaca Al – Quran serta amalan – amalan lainnya yang mendekatkan seseorang kepada Allah SWT.

Yang terakhir, jika kedua cara di atas belum mampu dilakukan oleh seorang muslim, Ustadz Naruto menyarankan agar seseorang selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberi petunjuk untuk bisa melakukan segala hal yang sifatnya mendekatkan diri kepada Allah dengan cara istiqomah.

Reporter : YRS

Editor     : LA_unda