berita

Angkat Tema Urban Heritage, Kegiatan Archifest 3 HIMARSITA Untuk Lestarikan Warisan Kota

Redaksi | Selasa, 25 Juni 2019 - 11:04:00 WIB | dibaca: 4757 pembaca

Himpunan Mahasiswa Teknik Arsitek (HIMARSITA) Untag Surabaya mengadakan kegiatan Arsitektur Festival (Archifest). Kegiatan tahunan yang terlaksana pada tahun ke 3 ini bertemakan ‘’Urban Heritage’’ yang terselenggara satu pekan kedepan (21–30/06/2019) dengan waktu dan tempat yang berbeda – beda.

Sunia Saufitri, Ketua Pelaksana Archifest 3, mengatakan kegiatan Archifest kali ini mengusung tema ‘’Urban Heritage’’ yang mempunyai filosofi memperkenalkan pada masyarakat pentingnya pelestarian dan pembangunan kembali bangunan bersejarah untuk mempertahankan karakteristik Arsitektur dan identitas dari kota, sehingga dapat terwujudnya lingkungan kota yang harmonis antara bangunan yang lama dengan bangunan yang baru.

‘’Hari ini adalah pembukaan kegiatan Archifest 3 dengan diadakannya acara Talk Show komunikatif dengan tema ‘’Cagar Budaya Sebagai Pusaka Kota’’, diharapkan dengan terselenggaranya serangkaian kegiatan Archifest 3 yang akan berlangsung sepekan kedepan dapat menambah wawasan terhadap masyarakat umum khususnya mahasiswa sendiri mengenai permasalahan kota dan tanggap terhadap permasalahan yang terjadi, serta upaya yang harus dilakukan dari segi Arsitektural,’’ ucapnya saat pembukaan acara, (21/06/19).

Sementara Ketua Himarsita, Edwin Hadi Kusuma mengaku sangat senang dan bersyukur hari ini dapat berkumpul dengan keadaan sehat dan bahagia untuk mengikuti Talk Show ‘’Cagar Budaya Sebagai Pusaka Kota’’ sebagai pembukaan Archifest 3. Semoga Archifest 3 satu pekan kedepan dapat menjadi ajang kreasi dan ajang untuk memperkaya ilmu di bidang arsitektur khususnya.

‘’Terimakasih saya ucapkan kepada para pemateri yang sudah berkenan hadir dalam acara Talk Show siang hari ini, semoga nantinya dapat menularkan ilmu dan pengalamannya kepada kita semua. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih juga kepada peserta sebagai generasi muda yang masih peduli dan ingin tahu tentang budaya terutama dibidang arsitektur di era yang sudah modern ini. Saya sangat bangga !’’ papar Edwin.

Hal senada disampaikan oleh Kaprodi Teknik Arsitektur, Muhammad Faisal S.T., M.T., bahwa kegiatan Archifest 3 ini sangatlah bermanfaat, baik untuk mahasiswa ataupun untuk Prodi Arsitektur sendiri. Karena kegiatan seperti ini dapat mendorong kreatifitas dan cara berfikir mahasiswa untuk lebih meningkatkan prestasi mereka.

‘’Dalam waktu sepekan ini Program Study Arsitektur mengajak kepada seluruh mahasiswa dan masyarakat umum untuk mengikuti serangkaian acara yang bernama Arsitektur Festival biasa disingkat dengan Archifest, yang sudah memasuki tahun ke 3. Kegiatan seperti ini diadakan dalam rangka untuk mewujudkan nuansa akademik dalam Prodi Arsitektur yang bernuansakan prestasi dan produksi sehingga atmosfir di Prodi Arsitektur bisa lebih baik dan bagus lagi kedepannya,’’ harapnya.

Terakhir, Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Sajiyo, M.Kes., IPM., sangat mengapresiasi dengan kegiatan Arsitektur Festival sudah tahun yang ke 3 sangat luar biasa, apalagi membawa tema ‘’Cagar Budaya Sebagai Pusaka Kota’’. Kegiatan ini betul – betul relevan yang dibutuhkan kedepan agar bangsa Indonesia ini secara arsitektur tidak lupa dengan budaya sendiri. Sehingga pemateri – pemateri yang diundang adalah tokoh – tokoh ahli dibidang cagar budaya dan tata kota yang sudah lama terkenal dan sangat kompeten.

‘’Untuk itu saya harapkan mahasiswa – mahasiswa disini untuk memperhatikan betul apa yang disampaikan oleh para pemateri didalam menyongsong era kedepan arsitektur Indonesia, agar arsitektur Indonesia mempunyai ciri yang tidak terlepas dari budaya bangsa kita,’’ tutupnya di pembukaan acara.      

Serangkaian kegiatan dalam Archifest 3 yang pertama adalah acara Talk Show sebagai pembukaan kegiatan Archifest yang terlaksana di Gedung Graha Wiyata lantai 9 Untag Surabaya. Yang kedua, bertepatan dengan tanggal yang sama 21 Juni 2019 ada acara pameran lukisan yang bertempat di Gedung Prof. Dr. H. Roeslan Abdulgani. Kegiatan ketiga ada Sayembara Sketsa pada tanggal 22 Juni 2019 bertempat di Jl. Rajawali Surabaya. Selanjutnya, Sayembara Mural tanggal 22 – 23 Juni 2019 di Kampung Genteng Kota Surabaya. Acara ke lima ada Karya Tulis Ilmiah pada tanggal 28 Juni 2019 di Gedung Q Untag Surabaya. Kemudian ada Sayembara Desain tanggal 28 Juni 2019 masih di tempat yang sama. Lalu yang terakhir acara puncak yang terlaksana pada tanggal 30 Juni 2019 bertempat di Student Center Untag Surabaya.

Reporter : MKM

Editor     : LA_Unda