berita

Asesmen Lapangan Program Studi Magister Manajemen Untag Surabaya

Redaksi | Senin, 01 Juli 2019 - 11:48:41 WIB | dibaca: 195 pembaca

Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untag Surabaya, tahun ini mengajukan akreditas Program Studi. Asesmen lapangan berlangsung di meeting room Graha Wiyata lantai 1 pada Kamis, (27/06/2019) dengan Tim Assesor : Drs. Prof. Augusty Tae Ferdinand, Ph.D dan Dr. Yunus Amar, SE., MT. dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Akreditasi sendiri merupakan tuntutan wajib dari pemerintah kepada perguruan tinggi. Tuntutan ini telah diatur dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 61. Dengan akreditasi tersebut akan menjadi upaya pemerintah menjamin mutu suatu lembaga pendidikan oleh lembaga yang independen, dalam hal ini adalah BAN-PT. Assesor Drs. Prof. Augusty tae Ferdinand, Ph.D pada kesempatanya memaparkan terkait beberapa hal yang akan diuji.

‘’Program studi dikelola dengn baik, siapa yang memimpin, setelah itu memimpinnya seperti apa, itu merupakan standar 2. Tapi jika berbicara mengenai standar 3, 4, 5, 6 atau 7, semuanya menyangkut evalusasi kinerja dosen. Setelah itu nanti juga ada wawancara kepada mahasiswa dan alumni sebagai feedback yang bertujuan agar tahu ke depannya akan seperti apa,’’ ujarnya.

Klasifikasi program studi ataupun perguruan tinggi akan dibagi kedalam bebrapa nilai, yaitu: C, B, atau A. Dengan nilai A sebagai patokan standar jaminan mutu tertinggi. Sebelum menentukan klasifikasi penilaian tersebut Tim Assesor lapangan juga harus mengakses beberapa borang. Dr. Yunus Amar, SE., MT., menyebutkan bahwa akan ada dua borang yang harus diakses pada asesmen Program Studi Magister Manajemen Untag tersebut.

‘’Kami berada di sini, menjalankan tugas kami sebagai Assesor dari BAN-PT. Kami akan berdiskusi secara langsung sepanjang hari ini dan harus mengakses dua borang yaitu borang Program Studi dan borang Fakultas. Saya harap semua bisa saling melakukan koordinasi supaya asesmen lapangan ini dapat terselesaikan dengan waktu yang lebih efisien,’’ ucapnya.

Terakhir, Salah satu dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. Siti Mujanah, MBA., merespon pertanyaan yang diajukan oleh tim Assesor dari BAN-PT terkait makna Perguruan Tinggi berbasis nilai dan karakter bangsa. Dalam kesempatan tersebut, menurut Siti kejujuran juga mencerminkan nilai dan karakter bangsa.

‘’Magister Manajemen melakukan kerjasama di desa-desa wilayah Madura dengan melakukan pendampingan untuk membangun usaha-usaha baru. Kita melakukan pengabdian Teknologi Tepat Guna (TTG) dan manajemen serta keuangan, yang mana dalam keuangan kita harus mengedepankan sebuah kejujuran. Bahkan dalam kelas, saya selalu menyampaikan kepada mahasiswa untuk cinta tanah air,’’ ujar Siti.

Reporter : YRS

Editor     : LA_Unda

 

 








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)