Sorotan

AUN J Klasik Orkestra Kenalkan Kebudayaan Jepang Melalui Alat Tradisonal Jepang

Redaksi | Rabu, 06 Maret 2019 - 10:36:09 WIB | dibaca: 262 pembaca

Program Studi Sastra Jepang Untag Surabaya bekerjasama dengan Konsulat Jendral Jepang dan Institut Teknologi 10 November (ITS) mengadakan konser pertunjukkan budaya Jepang di Gedung Student Center Untag Surabaya, Senin (4/3/2019). Kegiatan dalam rangka memperingati 61 tahun hubungan diplomatik Jepang – Indonesia terserbut langsung mendatangkan Musisi dari Negeri Matahari Terbit, AUN J Klasik Orkestra.

Konsulat Jenderal Jepang, Masaki Tani, mengakui bahwa dirinya senang bisa bekerjasama untuk mengenalkan budaya Jepang melalui alat musik tradisional yang dimainkan oleh AUN J Klasik Orkestra.

‘’Saya senang sekali bisa menggelar konser AUN J Klasik Orkestra di kampus Untag Surabaya. Ini merupakan hasil kerjasama kami dengan ITS dan Untag Surabaya, dengan tujuan mengenalkan budaya Jepang melalui alat musik tradisional kepada masyarakat di Jawa Timur,’’ ungkap Masaki.

Tidak hanya itu, Masaki juga berharap, semoga seluruh peserta dapat menikmati musik AUN J Klasik Orkestra dan semakin mengenal salah satu budaya Jepang itu.

‘’Semoga seluruh peserta dapat menikmati penampilan AUN J Klasik Orkestra, sehingga dapat mengenal lebih jauh kebudayaan Jepang,’’ ujarnya.

Sementara itu Kaprodi Sastra Jepang Untag Surabaya, Dra. Endang Poerbowati, M.Pd., menjelaskan bahwa ada banyak alat musik tradisional Jepang yang masih dilestarikan dan digemari hingga saat ini. Menurutnya, melalui konser ini mahasiswa Sastra Jepang Untag Surabaya diharapkan dapat menambah wawasan dan mengenal lebih dalam budaya – budaya Jepang.

‘’Di Negara Jepang, alat musik tradisional masih dijunjung tinggi hingga saat Ini. Bahkan oleh kalangan anak – anak muda sekalipun alat musik tradisional sangat digemari. Salah satu contohnya adalah para personil AUN J Klasik Orkestra yang notabene tergolong masih muda dan kelompok musik ini masih aktif hingga sekarang,’’ ucap Endang pada tim warta17gustus.com.

Selain itu, Endang juga memaparkan, pertunjukkan tersebut juga dihadiri oleh beberapa siswa SMA yang memang sengaja diundang, dengan tujuan memberikan informasi terkait kegiatan mahasiswa Sastra Jepang, sekaligus mempromosikkan Program Studi Sastra Jepang Untag Surabaya.

‘’Selain mahasiswa Sastra Jepang Untag Surabaya, kami juga mengundang mahasiswa dari kampus lain. Bahkan siswa – siswi dari beberapa SMA juga kami undang, agar mereka tahu seperti apa kegiatan mahasiswa Sastra Jepang di Untag Surabaya sehingga untuk ke depannya dapat menjadi pertimbangan bagi mereka setelah lulus dari SMA,’’ tutup Endang.

Reporter : YRS

Editor     : LA_unda








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)