Karya Ilmiah

Bambang Budi Mustika Sekretaris Disdik Kabupaten Bangkalan lulus Program Doktor Ilmu Administrasi di UNTAG Surabaya

Menik | Kamis, 02 Maret 2017 - 10:26:13 WIB | dibaca: 358 pembaca

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Mustika S.Pd.,M.Pd lulus Program Doktor (S3) Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNTAG Surabaya, Semester Ganjil 2016/2017. Dengan disertasi “ Pengaruh Struktur Organisasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kemampuan Sumber Daya Manusia Dan Dampaknya Terhadap Efektivitas Pelayanan Pendidikan Dasar”.

Bambang Budi Mustika, S.Pd.,M.Pd mengatakan pembangunan pendidikan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional, mengingat pendidikan merupakan faktor penting dalam kehidupan umat manusia dan kegiatan yang menentukan untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) guna menghadapi pelaksanaan pembangunan ke depan. Dengan bergulirnya otonomi daerah sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang pemerintah daerah yang dititik beratkan pada pemerintah Kabupaten/Kota maka jelas peranan pemerintah Kabupaten/Kota dalam pembangunan pendidikan menjadi tugas dan tanggung jawab besar dalam menyiapkan SDM yang memadai dalam menghadapi perkembangan zaman.

“ Penelitian ini untuk mengembangkan model teoritis mengenai analisis pelayanan publik yang ditinjau dari aspek-aspek yang mempengaruhinya yaitu: struktur organisasi, kepempinan dan kemampuan SDM, khususnya dalam peningkatan efektifitas layanan di Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan Provinsi Jawa Timur,”jelas mahasiswa Asal Bangkalan tersebut.

Bambang Budi Mustika dalam penelitiannya menyimpulkan, struktur organisasi dan kepemimpinan secara signifikan berpengaruh terhadap kemampuan SDM, dengan struktur organisasi dan kepemimpinan yang jelas dan penempatan personal yang sesuai dengan kompetensi pada struktur organisasi akan mendorong naiknya kemampuan SDM. Struktur organisasi tidak signifikan berpengaruh terhadap efektifitas pelayanan di Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, menunjukkan bahwa struktur organisasi yang ada saat ini belum membuat efektifitas pelayanan di Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan.

“ Sedangkan faktor kepemimpinan dan kemampuan SDM  secara signifikan berpengaruh terhadap efektifitas pelayanan, hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan dan kemampuan SDM di Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan yang ada saat ini dapat mendorong naiknya efektifitas pelayanan pegawai,” tambah sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan tersebut.

Dari hasil penelitiannya, Bambang Budi Mustika  merekomendasikan agar pendelegasian dan pembagian tugas pokok dan fungsi, kejelasan pelaksanaan tugas antar seksi dilaksanakan sesuai dengan aturan dan norma yang sudah disepakati dalam tugas pokok dan fungsinya sehingga terjadi hubungan yang baik diantara atasan dan bawahan demikian pula diantara sesama pegawai








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)