Sorotan

Bendahara YPTA Surabaya Berikan Materi Kebangsaan Kepada 3.441 Maba Untag Surabaya

Ma`arif | Rabu, 21 Agustus 2019 - 09:07:07 WIB | dibaca: 64 pembaca

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Untag Surabaya Tahun 2019 terlakasana sejak hari Minggu, (18/08/19) dengan puncak acara pada tanggal 24 Agustus mendatang. Kegiatan tersebut, diisi dengan berbagai macam pengenalan kampus, salah satunya materi wawasan kebangsaan oleh Bendahara Yayasan Perguruan 17 Agustus (YPTA) Surabaya.

J. Subekti S.H., M.M., sebagai pemateri menerangkan, bahwa sejak Indonesia menyatakan kemerdekaan di tahun 1945 tidak semata – mata diam karena sudah merasa merdeka. Tetapi yang dilakukan bangsa Indonesia adalah membantu dan mengupayakan agar bangsa yang lain juga merdeka, karena masih ada beberapa negara yang mengalami penjajahan oleh negara lain.

‘’Dalam alenia ke – 4 pembukaan UUD 1945 menyatakan kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan. Itu yang membuat Indonesia membentuk konferensi Asia Afrika saat usia Indonesia masih terbilang muda. Tujuanya untuk mendeklarasikan dan menyatakan bahwa semua negara harus merdeka saat itu juga,’’ pungkasnya saat membuka materi di Gedung Graha Widya lantai 2 Untag Surabaya, (18/10/19).

Lebih lanjut, Bendahara YPTA Surabaya itu menjelaskan cara mengisi, menghargai, dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia adalah dengan mengamalkan dan memperkenalkan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa. Artinya dalam wawasan kebangsaan wajib mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila dan Undang – Undang Dasar (UUD) 1945 yang ketiga – tiganya dibalut dengan Bhineka Tunggal Ika.

‘’Perbedaan itu secara takdir diberikan Tuhan kepada bangsa kita, karena Tuhan tahu Indonesia adalah bangsa yang toleransi. Jadilah Islam tapi janganlah jadi orang Arab, jadilah Kristen tapi jangan jadi orang Yahudi, jadilah Hindu tapi jangan jadi orang India. Tetaplah jadi Indonesia yang menghargai satu sama lain. Itu yang harus diterapkan kalau menjadi mahasiswa Untag Surabaya, menjadi nasionalis dan menghargai penuh tentang kebangsaan,’’ himbaunya saat berikan pengarahan kepada 3.441 Mahasiswa Baru.

Diakhir penyampaian materinya, Subekti berharap calon  - calon Mahasiswa Baru Untag Surabaya bisa membanggakan keluarga, orang sekitar dan membanggakan kampus dengan tetap mempertahankan jiwa – jiwa patriotisme yang secara turun temurun telah diwariskan dalam ajaran kampus Untag Surabaya.

‘’Terakhir saya ucapkan selamat datang Mahasiswa Baru Tahun 2019, jadilah generasi patriot Untag Surabaya yang cerdas, berwawasan kebangsaan, sadar lingkungan, toleransi dan tanggap teknologi. Semoga bisa membanggakan keluarga dan kampus ini kedepannya,’’ tutup Bendahara YPTA.