berita

Bhakti Alumni Fakultas Psikologi Untag Surabaya 2019

Redaksi | Jumat, 29 Maret 2019 - 11:35:55 WIB | dibaca: 233 pembaca

Fakultas Psikologi Untag Surabaya gelar pertemuan antar Alumni dan mahasiswa Psikologi yang akan menempuh skripsi pada semester genap 2018/2019. Kegiatan yang berlangsung di Graha Wiyata lantai 9 Untag Surabaya, Sabtu 23 Maret 2019 tersebut bertemakan ‘’Bhakti Alumni Fakultas Psikologi 2019’’ yang bertujuan untuk silaturahim sekaligus memberi panduan terkait langkah – langkah pengerjaan skripsi yang baik dan berkualitas.

Dr. Suroso, MS.Psikolog, Dekan Fakultas Psikologi menyampaikan pesan kepada seluruh mahasiswa yang datang pada pagi itu. Dia berharap jika ada masalah ataupun kendala terkait jadwal bimbingan skripsi, supaya mahasiswa melakukan konfirmasi kepada Dosen Pembimbingnya masing – masing. Dengan begitu, pengerjaan skripsi akan sesuai harapan dan tepat waktu.

‘’Mengerjakan skripsi itu jangan dijadikan sebagai beban. Asalkan dapat memahami tata caranya seperti apa metode pengerjaannya, saya yakin semua akan lulus sesuai harapan. Saya berharap kepada semua yang pada semester ini telah memprogram skripsi, supaya konfirmasi kepada dosen pembimbing ketika ada kendala atau halangan lain,’’ ujar Suroso.

Di sisi lain, peraih penghargaan wisudawan terbaik Magister Psikologi Profesi Untag Surabaya 2019, Promyrolline Theedens, S.Psi., M.Psi.Psikolog., juga datang sebagai narasumber. Pada kesempatan itu dia berbagi seperti apa proses penelitian terkait efektifitas terapi kelompok pada lansia yang telah dilakukannya.

‘’Saya telah melakukan penelitian terhadap lansia yang mengalami stres. Dari segi kebutuhan sandang dan pangan mereka sangat terpenuhi oleh Dinas Sosial, namun secara psikologis sebenarnya mereka mengalami stres. Berangkat dari sini lah akhirnya saya mencari tahu terkait hal itu, dan ternyata penerapan terapi kelompok dapat mengurangi stres terhadap lansia,’’ ucap mahasiswi asal Kupang tersebut.

Perempuan yang akrab disapa Jacqueline itu, juga menambahkan, bahwa data merupakan hal terpenting dalam melakukan sebuah penelitian. Oleh sebab itu dia menyarankan data – data yang kuat harus dicantumkan pada tahap penulisan latar belakang. Sehingga proses pengerjaan skripsi atau tesis mendapatkan hasil yang akurat.

‘’Dalam melakukan penelitian, data adalah hal terpenting. Ketika tahap penyusunan latar belakang teman – teman harus memiliki data yang kuat, baik itu data kuantitatif, data kualitatif, observasi, ataupun data – data dari jurnal. Saya mengatakan seperti ini sesuai dengan apa yang telah saya alami, karena memang itu yang dibutuhkan dalam sebuah penelitian’’ jelasnya.

Sementara itu, peraih penghargaan wisudawan S-1 Psikologi Untag Surabaya 2019 juga turut berbagi menjadi narasumber pada kegiatan tersebut. Lisa Purnamasari, S.Psi., menceritakan seperti apa metode pengerjaan skripsinya terkait ketidakpuasan remaja putri terhadap bentuk tubuh, dengan maksud memberi gambaran kepada mahasiswa lain yang akan melakukan penelitian pada semester genap ini.

‘’Hasil penelitian yang saya lakukan membuktikan bahwa, sebagian besar remaja putri tidak puas terhadap bentuk tubuh atau kondisi fisiknya dengan prosentase mencapai 80 persen. Dari apa yang telah saya paparkan, semoga dapat memberi sebuah gambaran kepada teman – teman untuk melakukan penelitian,’’ ucap perempuan yang lahir pada tahun 1995 itu.

Adapun narasumber lainnya pada acara tersebut adalah wisudawan Psikologi Untag Surabaya S – 1 dan S – 2. Mereka adalah Eko April Ariyanto, S.Psi, M.Psi., Isrida Yul Arifiana, S.Psi, M.Psi.Psikolog., Suhardianto, S.Psi., M.Psi.Psikolog., dan Nindia Pratitis, S.Psi., M.Psi.Psikolog. Kegiatan dilanjutkan dengan Pengarahan Skripsi Fakultas Psikologi Semester Genap yang diawali oleh pemaparan dari Diah Sofiah, S.Psi., M.Psi.Psikolog.,  selaku Kaprodi S – 1 Psikologi.

Reporter : YRS

Editor     : LA_unda








Komentar Via Website : 1
cara mengatasi benjolan di vagina secara alami
26 April 2019 - 09:06:33 WIB
terimakasih infonya , sangat bermanfaat sekali
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)