berita

Biro Akademik Untag Surabaya Adakan Pelatihan SISTER

Redaksi | Senin, 06 Mei 2019 - 09:32:20 WIB | dibaca: 105 pembaca

IT Manajemen dan Data Akademik, Biro Akademik Untag Surabaya berikan pelatihan Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) kepada seluruh dosen Untag Surabaya. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Graha Wiyata lantai 9 Untag Surabaya, (30/04/19), itu menghadirkan Direktur Direktorat Sistem Informasi (DSI) YPTA Surabaya sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Untag Surabaya, Dr. Ir. Muaffaq Ahmad Jani, M.Eng, mengatakan SISTER merupakan program dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) melalui Dirktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti untuk mengintegrasikan seluruh kegiatan dari dosen agar data bisa langsung sampai ke RISTEKDIKTI. Data tersebut merupakan keperluan yang dibutuhkan untuk pengurusan kepangkatan, seperti Jabatan Fungsional Akademik, portofolio dosen dan lain lain.

‘’Dari 367 data dosen yang ada, dibagian IT Universitas saat ini sudah 322 dosen yang mendaftar, sekitar 87,7% dan kurang lebih 45 dosen belom daftar. Kemudian dari yang sudah mendaftar ini baru sekitar 6% yang sudah mengupdate data ke SISTER, jadi perlunya diadakan pelatihan, mengingat sistem ini sangat penting bagi pendataan dosen Untag ke RISTEKDIKTI. Semoga dengan pelatihan ini tidak ada lagi dosen yang tidak bisa mengakses SISTER, semua harus bisa mengaksesnya,’’ ujar Muaffaq.

Sementara itu, Direktur DSI YPTA Surabaya, Supangat M.Kom., I.T.I.L., C.O.B.I.T., menjelaskan bahwa SISTER ini berhubungan dengan data sistem informasi akademik yang selama ini sudah dilakukan masing - masing dosen di Siakad. Jadi SISTER ini mengambil seluruh data dari server yang ada secara otomatis.

‘’Materi ini sudah kita sosialisasikan di semester lalu, dan sudah di update terkait beberapa perubahan kebijakan regulasi yang dilakukan oleh RISTEKDIKTI sebagaimana tadi yang disampaikan oleh Pak Muaffaq. Dan seumpama jika ada data dosen ekonomi masuk ke teknik mesin, itu mohon segera ditindak lanjuti, karena data ini nanti akan berhubungan dengan sinkronisasi dan akan menjadi kendala.

Dosen Prodi Teknik Informatika itu berharap dengan adanya pelatihan ini, semua dosen Untag Surabaya lebih paham tentang pentingnya SISTER.

‘’Semoga pelatihan ini bisa menyelesaikan masalah - masalah yang terkait akses ke SISTER,’’ terang Supangat.

Pada pelatihan ini juga dilakukan dibimbing langsung oleh Supangat M.Kom., I.T.I.L., C.O.B.I.T., serta tim bagian IT Universitas dan DSI sebagai implementator. Langsung dilakukan secara teknis mulai dari pendaftaran akun dosen, lupa password, cara input data, dan lain - lain.  

Reporter : MKM

Editor     : LA_unda

 








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)