berita

BKK UKM Untag Surabaya Adakan Seleksi Internal Pencak Silat untuk Ikuti Event BAPOMI JATIM

Redaksi | Kamis, 20 Juni 2019 - 09:31:24 WIB | dibaca: 449 pembaca

Untag Surabaya melalui Badan Koordinasi Kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (BKK UKM) mengadakan seleksi internal UKM Pencak Silat untuk mengikuti event Badan Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Tahun 2019 sebagai perwakilan kampus. Seleksi terlaksana di depan patung Proklamator Graha Wiyata lantai 1 Untag Surabaya, (18/06/19) berlangsung lancar dengan antusias mahasiswa yang tinggi.  

Siti Nurul Aini, Koordinator pelaksana seleksi, menjelaskan bahwa ini adalah seleksi UKM Pencak Silat sebagai acara internal yang diadakan oleh BKK UKM Untag Surabaya. Dengan tujuan penyaringan atlet untuk diikut sertakan dalam Seleksi Daerah (Selekda) BAPOMI pada tanggal 25 Juni sampai 28 Juni di Universitas Merdeka Malang.

‘’Di Untag sendiri ada 4 UKM Pencak Silat yaitu Tiga Serangkai, Sawunggaling, PSHT dan Merpati Putih. Tujuan diadakannya seleksi secara internal ini adalah agar kita bisa membuka peluang dari 4 UKM Pencak Silat ini, tidak menganak tiri kan, karena 4 UKM Pencak Silat ini mempunyai prestasi bagus dan sama banyaknya. Karena ini nantinya akan mewakili Untag, jadi secara otomatis semua UKM mempunyai hak untuk ikut dalam event ini,’’ tutur Nurul saat diwawancara oleh reporter warta17agustus.

Untuk kategori yang dipertandingkan sekarang, mahasiswi yang juga menjabat sebagai Wakil BKK UKM itu mengatakan hanya seni tunggal dan tanding saja. Sedangkan untuk seni ganda dan seni regu dari 4 UKM ini masih belum ada. Jadi untuk event BAPOMI kali ini hanya mengirimkan 2 kategori itu saja. Dari awal BKK UKM juga tidak membatasi peserta yang akan dikirimkan oleh UKM Pencak Silat masing – masing, yang terpenting atlet tersebut berpotensi dan sudah memiliki jam terbang yang memadahi.

‘’Jumlah peserta yang mengikuti seleksi malam hari ini kurang lebih ada 28 atlet dari mahasiswa Untag Surabaya. Untuk seni tunggal hanya ada 2 atlet saja yang daftar dan semua dari Merpati Putih, yaitu seni tunggal putri 1 dan seni tunggal putra 1. Karena hanya ada 2 orang saja yang daftar maka secara otomatis mereka akan menjadi perwakilan dari Untag langsung. Tetapi juga perlu kita tampilkan disini untuk menguji apakah layak atau tidak. Sedangkan untuk kategori tanding ini ada 14 partai dengan hanya mengambil 2 atlet putri dan 8 putra dari jumlah total 28 peserta,’’ terangnya.

Mahasiswi semester 6 Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu berharap dari adanya seleksi ini dapat menyaring atlet – atlet yang memang berpotensi dan memiliki prestasi agar bisa menang, pulang dapat juara dan dapat membawa nama baik Untag Surabaya kedepannya.

‘’Karena setelah seleksi internal tujuannya akan dikirim ke Selekda BAPOMI di UNMER Malang, apabila lolos kemudian masuk dalam seleksi Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA), jika lolos lagi selanjutnya akan seleksi ke Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) dengan akhir nanti bisa masuk menjadi atlet Sea Games Indonesia. Itu akan membanggakan mereka, orang tua, kampus dan lingkungannya sendiri,’’ harap Nurul.

Sementara itu, M. Hendry Ariyanto, Ketua BKK-UKM Untag Surabaya mengaku persiapan yang dilakukan sudah berjalan sebelum lebaran, tepatnya saat mendapatkan informasi dari Biro Kemahasiswaan dan langsung di eksekusi, mulai pembentukan panitia, pengumpulan dana sampai teknis kegiatannya sudah dipersiapkan secara matang.

‘’Alhamdulillah karena persiapan sudah kami lakukan jauh – jauh hari, akhirnya pelaksanaan seleksi pada malam hari ini berjaalan dengan lancar. Walaupun sempat ada kendala menganai sulitnya pencarian juri dan wasit untuk kegiatan ini, tetapi itu sudah bisa diatasi dan bisa lancar sampai selesai,’’ tutup mahasiswa asal Lamongan itu.

Reporter : MKM

Editor     : LA_Unda








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)