berita

BSI YPTA Surabaya Mengikuti Workshop dan Seminar Nasional Informatika E-Defense

Menik | Rabu, 29 November 2017 - 09:55:57 WIB | dibaca: 40 pembaca

Badan Sistem Informasi (BSI) YPTA Surabaya mengikuti workshop dan seminar nasional informatika tentang “E-Defense: Menjaga Keamanan Data Menghadapi Cyber Warfare untuk Memperkokoh Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Acara yang dilaksanakan di  UPN Veteran Yogyakarta tersebut digelar selama 3 hari (24-25/11/2017).

Kasubag Jaringan dan Hadware BSI YPTA Surabaya M. Bagus Setiyo B.,S.Kom mengatakan workshop dan seminar tersebut membahas tentang sistem keamanan data yang disebut sistem E-Defense. Sistem E-Defense menerapkan perlindungan secara berlapis yang tidak hanya mengandalkan satu produk saja.

“Di Indonesia yang sudah mempunyai sistem E-Defense baru di instansi pemerintah khususnya di Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI),” kata Bagus kepada warta17agutus.com, Senin (27/11).

Dalam workshop dan seminar tersebut, kata dia, juga dijelaskan bahwa di Indonesia dalam sehari ada jutaan serangan virus ke server. Sehingga diperlukan upaya yang serius untuk menjaga keamanan data dalam menghadapi cyber warfare. Oleh sebab itu, pertahanan dan ketahanan cyber nasional harus memiliki postur keamanan informasi/internet yang prima, SDM yang kompeten, fasilitas dan teknologi canggih yang aman, standar proses yang handal dan efektif.

“Seperti baru-baru ini kita sempat dibuat takut oleh virus atau Malware Wannacry yang sudah berhasil menyerang sistem di salah satu instansi pemerintah di luar negeri dan rumah sakit di Jakarta,” tambahnya.

Lebih lanjut Bagus menyatakan, perlindungan database sangat penting bagi setiap individu, instansi-instansi pemerintah, agar data tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Dalama acara tersebut kita selalu diingatkan bahwa keamanan database itu penting. Kita juga akan terus melengkapi sistem keamanan database dan sistem informasi untuk meminimalkan kemungkinan serang hacker,” ujarnya.

Berikut ini adalah delegasi BSI YPTA Surabaya yang mengikuti workshop dan seminar nasional, di antaranya: M. Bagus Setiyo B., S.Kom, Fridy Mandita, S.Kom., M.Sc, dan Drs. Moch. Djaya, MM.

Sementara itu, pemateri workshop dan seminar nasional adalah Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc (Konsultan TIK dan Staf Ahli Kemhan RI), Marsma TNI Yusuf Jauhari, M.Eng (Kapusdatin Kementrian Pertahanan Republik Indonesia) dan Dr. Tri Kuntoro Priyambodo, M.Sc (Pakar Information Security UGM).








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)