Teknologi

Bukan lagi Industri 4.0., Kini Revolusi Industri 5.0. Telah Diterapkan di Negara Jepang

Redaksi | Kamis, 25 April 2019 - 08:37:15 WIB | dibaca: 787 pembaca

Belum lama ini kita sering mendengar revolusi industri 4.0., Revolusi industri tersebut bisa jadi salah satu topik yang sering mengggema di berbagai forum publik. Tidak hanya Indonesia, melainkan hampir seluruh negara di dunia tengah bergelut dalam revolusi industri ini. Namun baru saja kita mendengar konsep revolusi industri 4.0, kini negara Jepang sudah hadir dengan Revolusi industri 5.0. Industri dengan konsep baru ini dinilai akan dapat menggantikan konsep industri 4.0 yang menitikberatkan pada produksi barang atau jasa.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat, termasuk adanya peran – peran manusia yang tergantikan oleh kehadiran robot cerdas, dianggap dapat mendegradasi peran manusia yang penggunaannya diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan sosial dan ekonomi. Hal tersebut melatar belakangi lahirnya Industri 5.0. atau bisa juga disebut Society 5.0. yang diperkenalkan oleh Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe di Kantor Perdana Menteri Jepang pada Senin, (21/01/2019).

Society 5.0. dapat diartikan sebagai suatu konsep masyarakat yang berpusat pada manusia, dan berbasis teknologi pada contoh aplikasi yang akan diterapkan oleh pemerintah Jepang, dengan konsep peradaban baru. Jepang telah menghadapi berbagai masalah, salah satunya adalah tingginya generasi tua, yang mana dinilai produktifitasnya menurun dan pengeluaran untuk biaya pengobatan serta pelayanan semakin meningkat.

Namun Jepang menemukan solusi dengan menggunakan data medical records untuk membantu mempercepat penanganan kesehatan, membuat sistem remot untuk pelayanan kesehatan, menggunakan artificial intelligence (AI) dan robot sebagai perawat Sensor. AI dan robot akan digunakan untuk membantu pemeliharaan jalan, terowongan, jembatan, infrastruktur dan lainnya

Melalui Society 5.0., kecerdasan buatan atau artificial intelligence akan mentransformasi big data pada segala sektor kehidupan, serta the Internet of Things akan menjadi suatu kearifan baru, yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan manusia untuk membuka banyak peluang. Transformasi ini akan membantu manusia untuk menjalani kehidupan yang jauh lebih efisien dan bermakna.

Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/1376985/34/ri-sibuk-kejar-industri-40-jepang-masuki-era-society-50-1549586880

Reporter : YRS

Editor     : LA_unda