berita

Buku Ajar Membantu Dosen dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran

Menik | Kamis, 19 April 2018 - 12:45:07 WIB | dibaca: 38 pembaca

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNTAG Surabaya selenggarakan workshop penulisan buku ajar Berbasis Rencana Pembelajaran Semester (RPS) tahap II bagi dosen. Kegiatan tersebut bertempat di Meeting Room 1, Selasa (18/4/2018).

Ketua LPPM UNTAG Surabaya Dr. Ir. Muslimin Abdulrahim, M.SIE dalam sambutanya mengatakan workshop kali ini merupakan kelanjutan workshop penulisan buku ajar yang sudah terselenggara pada bulan Maret lalu. 

‘’Workshop untuk membimbing dan mengarahkan dosen dalam menulis buku ajar maupun karya ilmiah yang akan mereka susun. Selain itu, juga untuk mememotivasi dosen untuk lebih produktif dalam menulis dan mempublikasikan hasil penelitiannya,’’ ucapnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd selaku pemateri workshop menjelaskan misi utama perguruan tinggi adalah Tri Dharma Perguruan tinggi, sehingga semua dosen memiliki kewajiban seperti yang tertuang di Tri Dharma Perguruan Tinggi dan harus berinovasi untuk bisa menjadi terampil dan ahli serta berdaya saing.

‘’Penulisan buku ajar mahasiswa oleh dosen penting, karena untuk memenuhi kebutuhan sumber belajar yang sesuai kurikulum, membantu mahasiswa memperoleh sumber belajar yang relevan dan membantu dosen i dalam pengembangan profesi dan karir,’’ jelasnya.

Menurut Ibrahim, banyak manfaat yang didapatkan dengan adanya buku ajar, di antaranya mahasiswa dapat belajar tanpa harus ada dosen atau teman mahasiswa lain, mahasiswa dapat belajar kapan dan dimana saja, dan mahasiswa dapat belajar dengan kecepatan masing-masing.

‘’Dengan buku ajar mahasiswa juga dapat belajar melalui urutan yang dipilihnya sendiri dan membantu mahasiswa mengembangkan potensi mereka sendiri untuk menjadi pembelajar mandiri,” tegasnya.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)