berita

Dengan Persiapan yang Matang, UNBK SMPTAG Surabaya Berjalan Tanpa Ada Kendala

Redaksi | Selasa, 23 April 2019 - 09:17:38 WIB | dibaca: 105 pembaca

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMP serentak diadakan, mulai hari Senin, 22 April sampai hari Kamis, 25 April 2019. Begitupun SMP 17 Agustus 1945 (Smptag) Surabaya, dengan persiapan matang melaksanakan UNBK hari pertama tanpa ada kendala sedikitpun.

Kepala Sekolah Smptag Surabaya, Dra. Wiwik Wahyuningsih, M.M., mengatakan bahwa lancarnya UNBK Smptag pada hari pertama tidak lepas dari persiapan – persiapan pihak sekolah sejak awal siswa masuk di kelas IX. Salah satunya persiapan akademis, yang sudah dimulai dari bulan Oktober. Dengan memberikan bimbingan belajar khusus diluar jam pembelajaran regular, pelatihan soal – soal, sampai mengadakan tryout dengan soal yang berfariasi. 

‘’Memasuki bulan Januari, kita ada bimbingan belajar lagi yang dilaksankan setiap hari sabtu. Selain itu, kami juga adakan semacam tutor sebaya, yaitu siswa – siswi membentuk beberapa kelompok kecil lalu mereka saling sharing dan saling belajar dengan dipandu oleh wali kelas masing – masing. Kemudian, ada tryout yang dilaksanakan kurang lebih hampir 11 kali. Yang membuat soal tryoutnya pun berfariasi, mulai dari guru sendiri, guru dengan pembimbing belajar dari luar sekolah serta kolaborasi dari sekolah – sekolah lainnya. Sehingga anak – anak siap menghadapi berbagai model soal yang diujikan,’’ jelasnya kepada tim warta17agustus, (22/04/19).

Lebih lanjut, Wiwik mengatakan selain persiapan secara akademis, persiapan non-akademis tidak kalah penting untuk diterapkan kepada siswa – siswi agar lebih siap. Yaitu persiapan segi mental agar tidak down ketika berlangsungnya UNBK tersebut.

‘’Upaya secara non-akademis kita adakan doa bersama, semacam istighosah untuk yang muslim. Sedangkan untuk non-muslim ada bimbingan sendiri dari guru agamanya masing – masing. Sehingga akan berdampak baik kepada siswa – siswi teruama dari segi mental, agar mereka tidak merasa terbebani dengan adakannya ujian ini,’’ paparnya.

Tidak hanya itu, dirinya pun menjelaskan pada warta17agustus persiapan lainnya yang menunjang keberhasilan UTBK tersebut.

‘’Dari segi sarana dan prasarana, alhamdulillah kita sudah ada 2 ruang komputer, tetapi untuk keamanan dan memaksimalkan ujian ini kita laksanakan di ruang computer center Untag Surabaya. Alhamdulillah juga dari pihak Yayasan khususnya DSI sangat mensupport kami untuk kegiatan ujian ini, jadi sangat luar biasa sekali,’’ ujar Guru berhijab itu.

Sebagai Kepala Sekolah dan mewakili para Wali Murid, dirinya berharap dengan lancarnya kegiatan UNBK SMP ini bisa meluluskan siswa – siswi dengan nilai yang bagus, dapat membahagiakan kedua oran tua serta bisa diterima di sekolah favorit.

‘’Jumlah peserta tahun ini adalah 97 anak dengan terbagi menjadi 2 sesi, sesi pertama diikuti 60 anak sedangkan untuk sesi kedua 37 anak. Alhamdulillahh untuk sesi pertama tidak ada kendala, semoga seterusnya juga demikian. Harapan kami dari pihak sekolah maupun orang tua secara normatif sama yaitu semoga anak – anak lulus dengan nilai yang memuaskan, dan semoga bisa diterima di sekolah favorit. Karena kalau kita melihat dari tahun ke tahun alhamdulillah lulusan Smptag bisa diterima sekolah Negeri yang ada di Surabaya,’’ tutup Wiwik. 

Reporter : MKM

Editor     : LA_unda

 








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)