Hasil Karya

Didit Tri Widodok Teknik Elektro UNTAG Surabaya Ciptakan Kompor Termo Elektrik Generator

Menik | Senin, 14 Agustus 2017 - 08:58:04 WIB | dibaca: 125 pembaca

Didit Tri Widodok mahasiswa program studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTAG Surabaya berhasil menciptakan Kompor Termo Elektrik Generator. Kompor yang berfungsi untuk memasak sekaligus penghasil listrik.

Didit Tri Widodok mengatakan awal mula tertarik menciptakan  Kompor Termo Elektrik Generator melihat adanya energi panas yang terbuang sia-sia,  maka diciptakanlah Kompor Termo Elektrik Generator  agar energi yang terbuang tersebut bisa dimanfaatkan sebagai energi alternative yaitu  listrik. Perbedaan Kompor Termo Elektrik Generator dengan kompor biasa ada pada tungku kompor. Tungku kompor saya tambahkan dengan Termo elektrik.

Termo Elektrik kita fungsikan sebagai generaor untuk penghasil listrik. Sistem kerja dari Termo Elektrik berdasarkan perbedaan temperature, jadi  semakin jauh perbebedaan temperatur diantara kedua sisi maka energi listrik keluarannya akan menjadi lebih besar. Lama waktu proses pembuatan kompor termo elektrik ini kurang lebih satu bulan,”jelas Dodit.

Kelebihan kompor termo elektrik adalah bisa digunakan untuk memasak  dan sekaligus mampu  menghasilkan energi listrik. Selain itu listrik  yang dihasilakn juga bisa disimpan dan dipakai tidak hanya pada waktu yang bersamaan dengan memasak tapi juga bisa digunakan pada di waktu yang lain.  Misal  listrik mati atau ketika sudah tidak memasak kita bisa gunakan untuk menghidupkan lampu.

Semoga peneliti selanjutnya bisa mengembangkan lagi penelitian ini dan bisa di produksi secara massal untuk menghemat energi listrik, selain itu jika diproduksi secara massal maka harga jual kompor termo elektri ini juga akan terjangkau,”tutupnya

Aris Heri Andriawan, ST.,MT selaku dosen pembimbing mengatakan alat ini bertujuan untuk memanfaatkan panas yang terbuang pada saat ibu-ibu memasak, sehingga daripada terbuang sia-sia  ditambahkan alat yang bisa mengkonversikan panas menjadi listrik. Sehingga selain memasak juga bisa menghasilkan listrik dan listrik bisa dipakai untuk menyalakan lampu atau listrik juga disimpan. Konsep alat ini adalah menginginkan adanya perbedaan suhu antara suhu panas dan dingin secara signifikan supaya bisa bekerja menghasilkan listrik,”tutupnya.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)