Sorotan

Direktorat Sistem Informasi YPTA Surabaya Resmi Tersertifikasi ISMS ISO 27001 : 2013

Kusnan | Senin, 15 April 2019 - 11:24:43 WIB | dibaca: 111 pembaca

Direktorat Sistem Informasi (DSI) Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya resmi tersertifikasi ISO 27001:2013. Melalui pengumuman yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi ACS Jakarta pada tanggal 12 April 2019, Unit IT YPTA Surabaya itu dinyatakan layak menerapkan Information Security Management Systems (ISMS) ISO 27001 : 2013 sesuai standart Internasional.   

Direktur DSI, Supangat M.Kom., I.T.I.L., C.O.B.I.T., mengaku bahwa penerapan standart ISO 27001 : 2013 ini mempunyai beberapa manfaat, diantaranya adalah memberikan keyakinan dan jaminan kepada klien bahwa perusahaan atau DSI ini telah mempunyai sistem manajemen keamanan informasi yang baik sesuai standart internasional. Selain itu, ISO 27001 juga dapat digunakan untuk memasarkan perusahaan.

‘’Dengan penerapan Information Security Management Systems (ISMS) ISO 27001 : 2013 ini akan memastikan bahwa sebuah organisasi memiliki kontrol terkait keamanan informasi terhadap lingkungan proses bisnisnya, yang mungkin menimbulkan risiko atau gangguan. ISO 27001 meminta untuk terus meningkatkan keamanan informasi perusahaan. Hal ini membantu untuk lebih menentukan jumlah keamanan yang tepat untuk kebutuhan perusahaan. Sumberdaya yang dihabiskan tidak terlalu sedikit, tidak terlalu banyak, tapi dalam jumlah yang tepat,’’ papar Dosen Fakultas Teknik itu.

Sementara itu, Bara Alfa S.Kom., sebagai Kabag IT Officer DSI, mengatakan dengan mendapatkan sertifikat ISO 27001 ini DSI akan menjalankan tugas dan SOP sesuai dengan standart internasional. Jadi prosedur – prosedur yang ada di DSI kedepannya akan lebih jelas, detail dan lebih baik lagi.

‘’Kita sudah siapkan dokumen – dokumen syarat dari ISO 27001 ini setahun yang lalu. Jadi kita pantas untuk mendapatkan sertifikatnya. Karena dengan penerapan Information Security Management Systems (ISMS) ISO 27001:2013 yaitu standart operasional secara internasional, akan sangat berpengaruh kepada kinerja DSI kedepan supaya lebih jelas dan baik lagi,’’ jelasnya.     

Hal senada juga disampaikan oleh Kasubag Programmer DSI, Ika Lestari S.Kom., bahwa dengan adanya ISO 27001 yang didapatkan DSI akan menjadikan kinerja lebih baik lagi sesuai dengan standart internasional, baik dari struktural atau prosedurnya. Karena ini memang sudah waktunya, penerapan standart internasional penting di era yang terus berubah dan berkembang.

‘’Karena pada dasarnya ISO 27001 adalah mengenai standart keamanan informasi, sehingga diharapkan segela informasi dalam sistem yang sedang dikembangkan oleh DSI akan sesuai dengan tata kelola IT yang baik dan benar,’’ tutup ika.

Reporter : MKM

Editor     : LA_unda








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)