berita

Ditolak SNMPTN atau SBMPTN ? Coba Jalur PMDK-PN dan UMPN

Redaksi | Selasa, 19 Februari 2019 - 09:49:16 WIB | dibaca: 108 pembaca

Akses masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bagi siswa siswi SMA kini semakin terbuka luas. Jika dahulu hanya ada SNMPTN dan SBMPTN untuk perguruan tinggi akademik atau institute, maka saat ini ada jalur PMDKPN dan UMPN untuk mendaftar Politeknik Negeri (PN).

Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa PN mengumumkan bahwa ada dua jalur seleksi, yaitu jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPN).

Ketua Forum Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Se-Indonesia Zainal Nur Arifin mengatakan, PN merupakan salah satu pilihan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Politeknik menghasilkan lulusan terampil dan memiliki sertifikasi, sehingga dapat bersaing di dunia kerja dan industri.

Seringkali siswa siswi hanya mengandalkan SNMPTN dan SBMPTN untuk kuliah di perguruan tinggi negeri, padahal mereka juga bisa mendaftarkan diri melalui jalur PMDK-PN dan UMPN untuk masuk Politeknik Negeri,’ ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Rabu (6/2).

PMDK-PN merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri vokasi dengan menggunakan seleksi akademik dan prestasi non akademik. Jalur itu dibuka untuk lulusan SMA/SMK/MA semua jurusan. Untuk pendaftaran PMDK-PN dibuka serentak 4 Februari hingga 6 April 2019. Informasi lebih lanjut bisa diakses ke https://pmdk.politeknik.or.id/

Berikut langkah-langkah untuk mendaftar PMDK-PN :

1.     Pendaftaran PMDK-PN di buka tanggal ( 4 Februari sampai 6 April 2019 )

Sekolah bisa mendapatkan Username dan Password dengan cara mendapatkan undangan dari Politeknik atau melakukan Request Username dan Password langsung pada aplikasi dengan mengisi form dan persyaratan. Setelah mendapatkan Username dan Password, Sekolah dapat mendaftarkan siswanya pada program PMDK-PN

2.     Pengisian Data Oleh Siswa dan Sekolah ( 4 Februari sampai 6 April 2019 )

3.     Pengiriman Berkas ( Opsional Tergantung Pilihan Politeknik )

Pengiriman berkas atau tidak tergantung pada Politeknik pilihan pertama Siswa, perhatikan Form Finalisasi untuk mengetahui apakah harus mengirimkan berkas atau tidak serta mengetahui batas waktu pengiriman berkas.

4.     Pengumuman ( 16 April 2019 )

Pengumuman PMDK-PN diumumkan pada tanggal 16 April 2019. Bagi siswa yang lolos jalur PMDK-PN diharapkan segera melakukan daftar ulang sesuai ketentuan dan persyaratan masing-masing politeknik yang bersangkutan.

Seusai jalur ini, kami juga akan membuka jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri Nasional yang disingkat UMPN. Jadi, silahkan dimanfaatkan kesempatan ini untuk bisa belajar disalah satu perguruan tinggi negeri vokasi di Indonesia, Politeknik,’ tutup Zainal.

Sumber : https://www.jawapos.com/

Repoter : MKM

Editor : LA-unda








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)