Karya Ilmiah

Dosen UNTAG Samarinda Raih Gelar Doktor Ilmu Ekonomi UNTAG Surabaya

Menik | Jumat, 07 Desember 2018 - 08:43:29 WIB | dibaca: 259 pembaca

Disertasi Berjudul ‘Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Resiko Strategi Terhadap Efisiensi Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan serta Good Corporate Governance Sebagai Variable Moderating Pada Perusahaan Pertambangan Sub Sector Batu Bara yang Go Public di Bursa Efek Indonesia’’ berhasil mengantarkan Nuuridha Matiin, S.ST.,MM meraih gelar Doktor Ilmu Ekonomi UNTAG Surabaya (26/11/2018).

Dalam disertasinya, mahasiswa Program Doktor Ilmu Ekonomi UNTAG Surabaya itu melihat adanya fenomena pada dunia pertambangan Indonesia saat ini sedang mengalami penurunan. Salah satu masalah yang sedang hangat saat ini di dunia pertambangan adalah mengenai undang-undang Minerba nomor 4 tahun 2009, yang mengatur bahwa perusahaaan pertambangan di Indonesia tidak bisa langsung mengekspor barang tambang, sebab harus diolah didalam negeri agar mendapat sebuah nilai tambah.

Nuuridha mengatakan, latar belakang penelitian yaitu adanya fenomena yang terjadi diperusahaan tambang batu bara khususnya di Kalimantan timur mengalami fluktuasi sangat pesat pada penurunan saham. Dari tahun 2009-2018 itu mengalami penurunan yang sangat pesat, dulunya ada sekitar 100 perusahaan tambang batu bara tetapi sekarang hanya ada 18 perusahaan tambang batu bara yang go public.

Berdasarkan hasil penelitian kami, ada dua variabel yang tidak signifikan, yaitu variabel keputusan investasi terhadap efisiensi dan variabel resiko strategi terhadap nilai perusahaan,’jelasnya.

Mahasiswa yang juga dosen UNTAG Samarinda tersebut berharap, kedepan untuk penelitian selanjutnya yaitu untuk diteliti masalah resiko manajemen dan resiko legalitas terhadap efisiensi serta variabel moderating juga bisa menggunakan variabel intervening.

 

 

 

 

 

 

 

 

 








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)