Sorotan

Dr. Andik Matulessy, M.Si Menjadi Ketua ARUPS Congress 2017

Kusnan | Rabu, 22 Maret 2017 - 09:04:05 WIB | dibaca: 541 pembaca

Dosen Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya, Dr. Andik Matulessy, M.Si menjadi ketua panitia the 6th ASEAN Regional Union of Psychological Societies (ARUPS) Congress yang akan terlaksana di Bali, Denpasar pada tanggal 12-14 Oktober 2017. Saat ini Dr. Andik juga aktif sebagai wakil ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Kepada warta17agustus.com, Dr. Andik mengatakan, pada tanggal 11 Maret 2017 kemarin telah dilakukan pertemuan di Hotel Rafael, De La Sale University Dasmarines-Cavite City, Filipina. Pertemuan tersebut membahas dua agenda penting, yaitu menyelaraskan pendidikan profesi psikologi se-ASEAN dan persiapan ARUPS Congress.

“Pertemuan di Filipina kemarin psikologi dari Indonesia diwakili  dari UNTAG Surabaya, Unair, UNPAD, dan perwakilan Australia di Indonesia,” katanya, Senin (20/3).

Lebih lanjut dia menjelaskan, ARUPS Congress diselenggarakan 2 tahun sekali. Sebelumnya ARUPS Congress dilaksanakan di Singapura dan setelah itu berlanjut ke Malaysia tahun 2019. Sementara ARUPS Congress di Bali nanti selain menyelaraskan pendidikan profesi psikologi se-ASEAN juga akan membahas kesepakatan lainnya.

“Misalnya harus sama-sama magister, praktek kerja minimal 550  jam, menyelarakan materi-materi atau topik kuliah di 4 negera, terutama Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina,” ungkap Dr. Andik.

Wakil Rektor 1 UNTAG Surabaya menjelaskan, dalam pengiriman paper dilakukan dua periode. Periode pertama, berlangsung 1 Agustus 2016-1 Januari 2017, sedangkan periode kedua adalah 1 Februari-1 Juni 2017. Tidak hanya negara-negara ASEN yang akan berpatisipasi dalam acara tersebut, tetapi juga Jepang, Amerika Serikat, Cina, Afrika Selatan, dan Australia.

“Harapannya mahasiswa dan dosen Psikologi UNTAG Surabaya banyak yang ikut, karena paper akan diterbitkan di jurnal internasional yang terindeks scopus. Tema ARUPS Congress 2017 adalah peran psikologi dalam konteks revolusi mental,” tutup Dr. Andik.








Komentar Via Website : 2
Cara Mengobati Kapalan Secara Tradisional
02 Oktober 2017 - 15:24:44 WIB
Informasi kesehatan dan solusi pengobatan terbaik yang menarik untuk anda ketahui http://tokogamatwalatra.com/
Agen QnC Jelly Gamat Kota Batam
12 Oktober 2017 - 13:57:27 WIB
Informasinya sangat menarik untuk kita simak.
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)