berita

DSI YPTA Surabaya Adakan Workshop Machine Learning & Deep Learning Perdana Di Surabaya

Ma`arif | Kamis, 03 Oktober 2019 - 11:21:01 WIB | dibaca: 4777 pembaca

Direktorat Sistem Informasi (DSI) YPTA Surabaya bekerjasama dengan Machine Learning ID dan Center of Data Science (CDS) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mengadakan workshop ‘’Machine Learning & Deep Learning : The Fundamental’’. Kegiatan yang akan berlangsung pada tanggal 2 – 3 November 2019 di Gedung Graha Wiyata Untag Surabaya itu menghadirkan narasumber ahli dan Wakil Gubernur Jawa Timur sebagai Keynote Speaker.

M. Bagus Setiyo Bakti, S.Kom, salah satu panitia menerangkan bahwa Machine Learning adalah metode yang digunakan untuk membuat program yang bisa belajar dari data, sehingga program mampu belajar sendiri dengan mempelajari pola dari contoh – contoh yang dianalisa. Sedangkan untuk Deep Learning adalah algoritma yang digunakan dalam sebuah kecerdasan buatan karena mampu mengurangi beban pemprograman yang eksplisit.   

‘’Machine Learning dan Deep Learning merupakan sebuah metode dan salah satu jenis algoritma jaringan yang sedang banyak dibicarakan bahkan digunakan dalam bidang IT, penelitian dosen serta mahasiswa Teknik Informatika sendiri. Pembelajaran Machine Learning dan Deep Learning ini kurang lebih seperti dalam pembelajaran Artificial Intelligent (AI), yaitu pembelajaran mengenai pemikiran robot, sistem otomatis dan sebagainya yang bersangkutan. Jadi ini sangat terbaharukan,’’ jelasnya saat ditemui di ruang DSI YPTA Surabaya (03/10/19).

Kepala Sub Bagian Hardware dan Jaringan DSI YPTA itu menambahkan, bahwa untuk pemateri dihadirkan dari Center of Data Science (CDS) UII Yogyakarta, karena telah memiliki jam terbang yang tinggi dan seringnya mengadakan event serupa, maka pemateri berpengalaman dan ahli di bidangnya.

‘’Hari pertama materi yang diajarkan adalah Machine Learning dan hari keduanya adalah Deep Learning. Dengan pemberian live coding disetiap materi sehinga selama 2 hari peserta tidak full monoton mendengarkan materi saja tetapi juga langsung praktek di tempat sekaligus,’’ ungkapnya.

Terakhir, Bagus berharap dengan adanya kegiatan ini antusias peserta yang akan mengikuti sangat tinggi, baik itu dari kalangan dosen, mahasiswa ataupun masyarakat umum sendiri. Karena workshop kali ini sangat penting untuk mempelajari dan cara menghadapi permasalahan terbaru mengenai teknologi di jaman sekarang.

‘’Ini merupakan pertama kalinya workshop Machine Learning dan Deep Learning diadakan di Kota Surabaya, kebetulan DSI YPTA sebagai penyelenggara. Kedepannya semoga kegiatan ini bisa terus dilaksanakan secara continue setiap bulan atau berapa bulan sekali sehingga tidak hanya sekali saja. Karena teman – teman dari Komunitas Machine Learning Indonesia khususnya dari Surabaya juga sangat mendukung kegiatan seperti ini,’’ tutupnya.