berita

Expo Kampus Sebagai Ajang Pengenalan Orkem Kampus Kepada Mahasiswa Baru

Ma`arif | Kamis, 29 Agustus 2019 - 11:38:48 WIB | dibaca: 91 pembaca

Badan Koordinasi Kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (BKK-UKM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Untag Surabaya yang tergabung menjadi panitia bersama mengadakan acara Expo Kampus untuk lebih mengenalkan Orkem Kampus. Kegiatan yang terselenggara di Gedung Graha Wiyata lantai 1 dan Gedung baru Fakultas Teknik Untag Surabaya, merupakan puncak dari serangkaian kegiatan PKKMB mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020.

M. Hendry Ariyanto, Ketua Pelaksana Kegiatan menjelaskan rangkaian kegiatan Expo Kampus dimulai jam 6 pagi, dibuka dengan upacara yang dihadiri oleh rektor, wakil rektor, kemahasiswaan, ketua pelaksana, serta seluruh peserta mahasiswa baru. Kemudian ditutup pada jam 10 malam dengan penampilan guest star yaitu Souljah band.

‘’Sebelum penampilan gust star kita akan menampilkan sebuah teatrikal dari gabungan beberapa UKM dengan tema ‘’Body Shaming’’. Bias kita lihat sendiri di era seperti ini perlakuan Body Shaming sering terjadi. Contohnya saja kasus tentang mahasiswa papua yang beberapa hari ini sedang ramai diperbincangkan, kemudian ada juga drama kolosal yang tujuan dari keduanya adalah memberikan edukasi kepada mahasiswa baru agar tidak ada perlakuan Body Shaming di Untag Surabaya dan bisa saling menghormati sesama mahasiswa darimanapun asalnya,’’ papar Hendry saat ditemui di lokasi kegiatan (24/08/19).

Selanjutnya Ketua BKK-UKM Untag Surabaya tahun 2019 itu berharap agar kedepannya Expo Kampus lebih baik dari tahun sebelum sebelumnya.

‘’Semoga panitia bisa terus belajar dari kesalahan – kesalahan maupun kekurangan Expo Kampus sebelumnya untuk menjadikannya evaluasi agar kegiatan Expo Kampus kedepannya berjalan lebih baik, lancar dan tidak ada kendala apapun,’’ harap mahasiswa prodi Teknik Mesin itu.

Sementara itu, salah satu anggota UKM, Tegar Arya Budiman, mengatakan manfaat diadakannya Expo Kampus tersebut untuk memberikan informasi kepada mahasiswa baru supaya lebih dekat dalam mengenal Orkem kampus, seperti : Hima, BEM, dan UKM. Sehingga saat perkuliahan berjalan mahasiswa baru tidak hanya belajar dalam kelas saja tetapi ada kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran sesuai hobi yang dimiliki.

‘’Dengan diadakannya Expo Kampus tahun ini semoga mahasiswa baru yang mendaftar di Orkem kampus bisa lebih meningkat lagi. Karena bagaimanapun tahun ini penerimaan mahasiswa baru adalah yang paling banyak dari tahun sebelumnya. Sehingga diharapkan dengan banyak yang daftar Orkem tersebut dapat pula membawa prestasi baru untuk mengharumkan nama Orkem atau UKM dan kampus khususnya,’’ ujar anggota UKM Sepak Bola Divisi PDD.

Selain itu, Abdul Bais, salah satu mahasiswa baru mengaku selama proses PKKMB berlangsung yang diperolehnya sangat banyak, mulai dari pengenalan kondisi kampus, sejarah berdirinya Untag Surabaya sampai materi mengenai wawasan kebangsaan.

‘’Selama proses PKKMB saya mendapatkan materi dan pengalaman yang banyak, diantaranya dalam hal memanajemen waktu yang efisien, menjaga dan mengatur sebuah forum atau organisasi agar tetap kondusif serta disiplin waktu dalam hal apapun. Selain itu di hari terakhir ini saat Expo Kampus saya dapat mengenal Orkem apa saja yang ada di Kampus ini,’’ tutup mahasiswa baru asal Bojonegoro.