berita

Fakultas Psikologi Untag Surabaya Gelar Buka Bersama dan Sosialisasi LSP Psikologi

Redaksi | Senin, 27 Mei 2019 - 10:34:26 WIB | dibaca: 74 pembaca

Fakultas Psikologi Untag Surabaya adakan Sosialisasi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Psikologi dan Buka Bersama yang berlangsung di Meeting Room Graha Wiyata lantai 1, Minggu, (26/05/2019). Kegiatan yang dihadiri oleh Alumni, Mahasiswa serta Dosen Psikologi tersebut mendatangkan Prof. Dr. Fendy Suhariadi, M.T., Psikolog. sebagai pemateri.

Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Suroso, MS., Psikolog dalam sambutannya mengatakan bahwa Sosialialisasi terkait Lembaga Sertifikasi Profesi Psikologi ini sangat penting. Menurut Suroso seluruh keluarga besar Psikologi Untag Surabaya harus mendapat informasi terkait LSP-PSI ini, supaya dapat memanfaatkannya di dunia kerja khususnya dalam bidang Psikologi.

‘’Bahwa kegiatan yang digelar oleh Fakultas Psikologi pada sore hari mudah-mudahan dapat membawa berkah untuk kita semua. Saya juga berharap semua yang telah hadir di ruang ini tidak ada satu pun yang merasa terpaksa, karena ketika Prof Fendy mensosialisasikan terkait LSP Psikologi, pasti semua akan mendapat banyak informasi penting sekaligus bermanfaat,’’ ucap Suroso.

Dalam sosialisasi tersebut, Prof. Fendy Suhariadi, selaku pemateri menjelaskan bahwa Lembaga Sertifikasi Profesi Psikologi Indonesia (LSP-PSI) dibentuk oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) yang memiliki tujuan untuk meningkatkan persaingan global dalam bidang Profesi Psikologi.

‘’LSP-PSI dibentuk oleh HIMPSI yang bertujuan untuk kebutuhan pendidikan berkelanjutan di bidang Psikologi. Dengan adanya LSP-PSI ini, pengembangan individu dalam bidang Psikologi akan lebih terarah dan diakui. Disamping itu, juga untuk menjawab tantangan persaingan global Profesi Psikologi dari berbagai negara,’’ tutur Fendy.

Tidak hanya itu, Fendy juga menjelaskan bahwa ada 3 standar LSP, yang pertama yaitu Standar Kompetensi Internasional, kedua Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), dan terakhir adalah Standar Kompetensi Kerja khusus (SKKK). Dalam hal ini HIMPSI lebih fokus pada SKKK, karena menurut Fendy, SKKK digunakan untuk mencapai tujuan organisasi yang saling memiliki ikatan kerjasama antar organisasi satu dengan yang lain.

‘’SKKK merupakan standar kompetensi kerja yang dikembangkan dan digunakan oleh organisasi untuk memenuhi tujuan organisasi itu sendiri atau untuk kebutuhan organisasi lain yang saling memiliki ikatan kerjasama dengan organisasi yang bersangkutan. HIMPSI bersama Asosiasi atau Ikatan peminatan bekerjasama merumuskan apa yang menjadi unit-unit kompetensi dan skema kompetensi,’’ tambah pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi tersebut.

Setelah pemaparan materi terkait LSP-PSI selesai, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sholat dan buka bersama keluarga besar Fakultas Psikologi Untag Surabya.

Reporter : YRS

Editor     : LA_unda

 

 








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)