berita

Hadirkan Tim Instrumen BAN-PT, UNTAG Surabaya Adakan Sosialisasi Pelatihan IAPS Versi 4.0

Redaksi | Rabu, 13 Februari 2019 - 09:30:40 WIB | dibaca: 236 pembaca

Untag Surabaya, hadirkan Prof. Dr. Johny Wahyuadi Sudarsono (tim instrument BAN-PT) sebagai narasumber dalam acara Sosialisasi Pelatihan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) Versi 4.0. Kegiatan yang diikuti civitas akademik Untag Surabaya serta eksternal kampus itu berlangsung di Gedung Graha Wiyata lantai 9 UNTAG Surabaya, (11/02/2019).

Prof. Dr. Johny Wahyuadi Sudarsono, menjelaskan dalam IAPS Versi 4.0 sedikit banyak berbeda dari AIPS Versi 3.0 sebelumnya. Ada beberapa yang dirubah dan ada beberapa yang diperinci lagi.

‘’Contoh status akreditasi, kalau dulu pakai huruf A, B, C, sekarang dirubah. A menjadi Unggul, B menjadi Sangat Baik dan C menjadi Baik. Tadi Pak Rektor mengatakan kampus ini baru sekitar 30 % Fakultas terakreditasimya A, sedangkan Rektor Untag Surabaya menarget minimal 50% akreditasi A. Maka itu tergantung bagaimana strategi dari temen-temen untuk merancang agar tercapai,’’ jelasnya.

Lebih lanjut, Prof. Johny menerangkan dalam IAPS Versi 4.0 akan ada butiran penilaian, yang terdiri dari persen akreditasi prodi, jurnal bereputasi baik internasional maupun nasional, visiting lectures atau invited speakers dalam 3 tahun terakhir, kerjasama internasional dan produktivitas penelitian.

‘’Misal kerjasama internasional, dulu hanya mengenai berapa jumlah MOU yang ditandatangani tetapi saat tentang bagaimana pelaksanaannya. Tidak hanya itu penyusunan laporan eval ada 9 kriteria, kriteria 1 ada 7 sub bab, kriteria 2, 3 sampai 8 ada 9 sub bab, dan kriteria 9 ada 6 sub bab. Selain itu bakal ada luaran dan capaian yang harus diperinci juga,’’ paparnya.  

Pria kelahiran kota Malang itu juga menyampaikan bahwa semua yang sudah dijelaskan mengenai IAPS Versi 4.0 adalah masih berbentuk draft, belom disahkan oleh majelis akreditasi.

‘’Walaupun yang saya sampaikan ini masih dalam bentuk draft atau rancangan, tetapi tidak ada salahnya bahwa Untag Surabaya menyiapkannya sejak dini,’’ tutupnya.     

Reporter : MKM
Editor : LA_unda








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)