berita

Himatifta Untag Surabaya Adakan Ngabuburit Data Bersama Kumparan dan Data Science Indonesia Jatim

Redaksi | Rabu, 22 Mei 2019 - 09:48:45 WIB | dibaca: 139 pembaca

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (Himatifta) Untag Surabaya bekerja sama dengan Kumparan dan Data Science Indonesia (DSI) Regional Jawa Timur mengadakan ‘’Ngabuburit Data’’. Kegiatan dalam rangka tukar pengalaman dalam dunia kerja itu terlaksana di Graha Prof. Dr. H. Roeslan Abdul Gani lantai 2 Untag Surabaya, Sabtu, (18/05/19).

Dhanang Wibisono (Data Engineer Kumparan) pemateri pertama, menjelaskan bahwa tugas utama bagian Data Engineering adalah menyediakan data, mengelola data, membuat data platform untuk mengoleksi data, dan membuat data platform untuk analisa data. Selain itu tugas Data Engineering sebenarnya juga menjaga dan memanaj infrastruktur data yang ada dalam sebuah perusahaan.

‘’Jika teman – teman tertarik ingin menjadi Data Engineering, yang harus dilakukan pertama bisa koding, karena itu adalah basic dari setiap programmer, kedua, harus belajar SQL yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasion. Kemudian yang ketiga adalah belajar cara mendokumentasi yang cepat, karena itu juga diperlukan agar kita bisa mengatasi suatu masalah dan membuat penyelesaiannya dengan cepat,’’ papar alumni Unair tersebut.

Sementara itu mengenai bagaimana memulai karier dalam pekerjaan sebagai Data Scientist, Bayu Aldiansyah salah satu anggota dari DSI Regional Jawa Timur menerangkan, tahap pertama yang harus dilakukan adalah persiapan. Maksudnya, tentukan posisi yang pas sesuai kemampuan dan kesukaan bidang yang akan dilamar. Kedua pilih perusahaan yang bergerak di bidang yang tepat. Ketiga apa yang harus dilakukan ketika sudah diterima dalam perusahaan yang dituju.

‘’Dalam pekerjaan Data Scientist, siaplah untuk ditekankan. Salah satunya penyelesaian masalah dalam data science. Biasanya solusi yang dilakukan dengan cara classifier, yaitu dengan penggolongan data, kemudian juga bisa dilakukan dengan model dokumenter. Jika tertarik di bidang ini kalian harus menguasai teori – teori, seperti basis learning, kalkulus 1 dan kalkulus 2. Kemudian untuk kerjasama tim kita menggunaka software version berupa Git atau GitHub. Dan dalam bahasa pemrograman menggunakan Python atau Java. Seperti itu lah gambaran yang harus di kuasai’’ jelas pria yang juga bekerja sebagai Data Scientist di Kumparan.

Selain itu, Ketua dari Himatifta, Arizal Tama mengatakan tujuan diadakan acara tersebut untuk memberikan inforamasi kepada mahasiswa mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk memulai karier bidang programmer, khususnya sebagai Data Engineer dan Data Scientist di sebuah perusahaan.

‘’Saya berharap setelah adanya acara ini mahasiswa lebih termotifasi dan lebih semangat lagi untuk belajar di bidang – bidang tersebut. Karena saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan programmer sebagai Data Engineer dan Data Scientist,’’ harap mahasiswa asal Bojonegoro itu.      

Reporter : MKM

Editor     : LA_unda