berita

Himatifta UNTAG Surabaya Selenggarakan Workshop Android 2018

Latifah | Selasa, 09 Oktober 2018 - 10:41:41 WIB | dibaca: 53 pembaca

Himatifta (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) UNTAG Surabaya selenggarakan Workshop Android 2018 di Laboratorium Komputer Center UNTAG Surabaya, Minggu (30/09/18). Kegiatan bertajuk ‘’Mempelajari dan Mengembangkan Pemrograman Android’’ tersebut menghadirkan Naufal (anggota komunitas Surabaya Developer) sebagai narasumber.

Johanes Gok Mauliate, ketua Panitia Workshop mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu wadah yang diberikan Himatifta untuk Mahasiswa Teknik Informatika lebih berkembang dan berwawasan.

‘’Saya merasa senang dengan diselenggarakannya kegiatan ini, karena ini merupakan media belajar yang bisa dimakasimalkan teman-teman Mahasiswa Teknik Informatika untuk pengembangan ilmunya,’’ ucap Johanes

Selain itu, Johanes juga menjelaskan rangkaian materi yang diberikan pemateri pada peserta. Diawali dengan penyampaikan pengenalan android, serta pembuatan user interface atau antarmuka. Kemudian cara pembuatan single activity, multi activity.

‘’Banyak ilmu yang mereka dapatkan. Seperti Multi activity itu bisa digunakan sebagai trik untuk membuat splash screen yaitu tampilan aplikasi seolah-olah bergerak seperti animasi,’’ ujarnya

Lebih lanjut, kata Johanes, pemateri juga mengajarkan bagaimana cara mensikronkan antar activity yang telah dibuat, hal ini berfungsi agar proses aplikasi android menjadi runut, teratur dan saling terkait.

‘’Contohnya pada aplikasi form login, jika username dan password benar maka activity akan berpindah ke activity (proses) berikutnya, sedangkan jika salah maka program akan memberikan peringatan,’’ tutur anggota Himatifta itu

Ditanya mengenai kelanjutan kegiatan Workshop Android, Johanes berharap ada tindak lanjut dari kegiatan tersebut.

‘’Semoga kegiatan serupa terus diadakan dan berlanjut secara berkala. Kemungkinan akan ada lanjutan yaitu pelatihan pemrograman android,’’ terangnya.

 








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)