berita

HIMATITA UNTAG Surabaya Selenggarakan Seminar Nasional dan Workshop K3L

Menik | Rabu, 09 Mei 2018 - 11:11:00 WIB | dibaca: 105 pembaca

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HIMATITA) UNTAG Surabaya selenggarakan Seminar Nasional dan Workshop Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan (K3L dengan tema ‘’Hubungan Kerja Industrial dan K3L’’ di Gedung Graha Wiyata lantai 9 pada Rabu, 9 Mei 2018.

Ketua HIMATITA UNTAG Surabaya Habib Syamsul. M mengatakan, kegiatan Seminar Nasional dan Workshop K3L merupakan serangkaian dari acara Pekan Teknik Industri 2018 dan dies natalis Teknik Industri ke 36.

‘’Acara Pekan Teknik Industri dimulai pada tanggal 8-14 Mei 2018 dengan fokus kegiatan meningkatkan mutu pendidikan dan jiwa sosial yang tinggi serta membangun solidaritas yang kuat. Dengan rangkaian acara Futsal Kaprodi Cup, seminar nasional dan workshop, bakti sosial dan lomba karya tulis ilmiah untuk SMA se-Surabaya,’’ kata Habib saat ditemui warta17agustus.com.

Mahasiswa semester 4 itu menambahkan, narasumber untuk Seminar Nasional dan Workshop K3L bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya. 

‘’Adapun pemateri Seminar dan Workshop K3L, antara lain: Rizal Zainal Arifin,SH.,MH, Sucipto Hadi, ST.,MT, Dr. Ir. Sajiyo,M.Kes, dan Subiyanto,S.Pd,’’ ujarnya.

Salah satu narasumber seminar nasional, yakni Rizal Zainal Arifin, SH.,MH menjelaskan tentang sumber hukum norma ketenagakerjaan yang terbagai atas (1) Heteronom yang meliputi peraturan perundang-undangan dan peraturan kebijakan; (2) Otonom meliputi perjanjian kerja, peraturan perusahaan, perjanjian kerja bersama dan peraturan penyelenggaraan perusahaan.

‘’Untuk jenis perjanjian kerja ada 2, yaitu perjanjian kerja waktu tidak tertentu dan perjanjian kerja waktu tertentu,’’ ucapnya.

Lebih lanjut kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Disnaker Kota Surabaya tersebut menjelaskan tentang hubungan tenaga kerja.

‘’Hubungan tenaga kerja adalah hubungan antara pengusaha dengan pekerja/buruh berdasarkan perjanjian kerja yang mempunyai unsur pekerjaan, perintah dan upah,’’ pungkasnya.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)