Karya Ilmiah

Implementasi Kebijakan Pembangunan Sumber Pendapatan Desa Melalui BUM Desa Kabupaten Trenggalek

Menik | Rabu, 05 Oktober 2016 - 09:30:49 WIB | dibaca: 210 pembaca

Edy Kuncahyo, selasa (4/10/2016) telah berhasil menyelesaikan Program Studi Doktor Ilmu Administrasi FISIP UNTAG Surabaya di Aula gedung graha wiyata lantai 9 dengan disertasi “ Implementasi Kebijakan Pembangunan Sumber Pendapatan Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa Kabupaten Trenggalek”.

Edy Kuncahyo mengatakan BUM Desa di Kabupaten Trenggalek dibentuk mulai pada tahun 2001 hingga sekarang sudah berusia 15 tahun. Setiap Desa dibentuk Badan Usaha Milik (BUM) Desa dalam perkembangannya ada yang masuk dalam kategori baik, sedang dan kurang untuk itu perlu adanya revitalisasi. Untuk katagori baik itu dilanjutkan, kategori sedang tetap dibina dan yang kurang dilakukan revitalisasi. “ Penelitian ini untuk mengetahui implementasi kebijakan pembangunan sumber pendapatan desa melalui BUM Desa di Kabupaten Trenggalek dan memperoleh model yang ideal BUM Desa di Kabupaten Trenggalek menggunakan teori  George C Edward III,” jelas Edy pada warta17.agustus.com.

“ Hasil penelitian menunjukkan implementasi kebijakan pembangunan sumber pendapatan Desa melalui BUM Desa di Kabupaten Trenggalek dapat dinyatakan berhasil dengan kategori yaitu 67 BUM desa baik, 24 BUM Desa sedang, 61 BUM Desa kurang dan tidak ada BUM Desa dibubarkan. BUM Desa yang masuk kategori baik sebanyak 67 BUM Desa dapat dijadikan model ideal bagi BUM Desa di Kabupaten Trenggalek,” imbuh mahasiswa asal Trenggalek tersebut.

Penelitian implementasi kebijakan pembangunan sumber pendapatan desa melalui BUM Desa Kabupaten Trenggalek merekomendasikan kepada pemerintah pemerintah pusat agar  ada blueprint untuk membangun BUM Desa di Indonesia , sedangkan untuk pemerintah Kabupaten mempunyai blueprint juga untuk pembanguna BUM Desa di Kabupaten Trenggalek secara praktis untuk mengkaji kebijakan publiknya.  








Komentar Via Website : 4
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)