prestasi

Indah Mahasiswa FS Untag Surabaya Mendapatkan Beasiswa Monbukagakusho

Kusnan | Kamis, 07 September 2017 - 10:37:32 WIB | dibaca: 585 pembaca

Indah Ayu Wilujeng mahasiswa Fakultas Sastra UNTAG Surabaya mendapatkan beasiswa Monbukagakusho dari Pemerintah Jepang untuk Pogram Japanese Studies tahun 2017-2018. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Jepang itu akan belajar bahasa dan budaya di Hokkaido University selama 1 tahun (September 2017-September 2018).

Wakil dekan Fakultas Sastra Umul Khasanah, S.S.,M.Lit usai mengajar bahasa Indonesia bagi mahasiswa Khon Kaen University (KKU) Thailand di UNTAG Surabaya mengatakan, pemerintah Jepang melalui Kementrian Pendidikannya setiap tahun selalu membuka beasiswa Monbukagakusho bagi pelajar seluruh dunia yang ingin belajar bahasa dan budaya di Jepang.

“Beasiswa ini memang dikhususkan bagi mahasiswa jurusan sastra Jepang. Alhamdulillah, tahun ini mahasiswa kami ada yang berhasil mendapatkan beasiswa tersebut, yaitu Indah Ayu Wilujeng. Tahun-tahun sebelumnya juga ada dua mahasiswa yang dapat,” ucapnya.

Dijelaskan oleh Umul bahwa tahun ini sebanyak 8 mahasiswa Sastra Jepang UNTAG Surabaya mengikuti seleksi beasiswa Monbukagakusho. Tetapi, yang berhasil lolos meraih beasiswa tersebut adalah satu orang.

“Tingkat kesulitan dan persaingannya luar biasa. Untuk tes pertama di Jawa Timur saja diikuti lebih dari 100 peserta, yang lolos tes tulis 20 peserta. Tes selanjtunya wawancara dan scraning,” jelasnya.

Menurut Umul, untuk mendapatkan beasiswa Monbukagakusho memang tidak mudah. Karena peserta tidak hanya  diuji tentang kelancaran bahasa, akan tetapi juga dilihat bagaimana peserta bisa beradaptasi dengan lingkungan masyarakat dan pola akademik.

“Jika ingin mendapatkan beasiswa ini memang harus belajar lebih keras, mulai dari membaca, mendengar, menulis dan berbicara. Selain menguasai huruf Kanji, paling tidak menguasai 1.000. Dan yang tidak kalah penting adalah mempertahankan semangat,” tegasnya.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)