Religi

Indahnya Makna Salam (Assalamualaikum) Dalam Islam

Latifah | Jumat, 21 September 2018 - 11:07:03 WIB | dibaca: 602 pembaca

Agama Islam merupakan agama terbesar di Indonesia. Agama yang memiliki arti tunduk, patuh, selamat, sejahtera, dan damai. Dalam sapaan yang diajarkan Islam ‘’Assalamua’laikum’’ (damai untuk anda) sangat jelas agama Islam mengajarkan umatnya untuk selalu menegakkan perdamaian bukan perpecahan, sehingga terjalin persaudaraan.

Kedamaian yang didambakan Islam bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk pihak lain. Kalimat salam ‘’Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh’’ artinya semoga keselamatan dan rahmat Allah, serta keberkahan-Nya terlimpah kepada kalian’’ memiliki makna yang substansial, esensial dan mendalam bagi umat Islam. Karena tidak hanya digunakan sebagai tradisi menegur sapa saja, tetapi mengandung filosofi bahwa umat Islam harus saling mendoakan bukan saling membenci atau memaki.

Sapaan tersebut dijawab pula dengan kalimat ‘’Waalaikumusssalam Warahmatullahi Wabarakatuh artinya adalah dan semoga keselamatan dan rahmat Allah, serta keberkahan-Nya terlimpah juga kepada kalian’’.

Begitu indahnya agama Islam yang dibawa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Dia, kekasih Allah melalui salam sapa mengajarkan kepada umatnya agar tidak saling bermusuhan, tidak saling membenci tapi harus saling memberikan perlindungan dan perdamaian.

Ehma Ainun Nadjib atau Cak Nun, budayawan Indonesia  pernah menyampaikan bahwa kalimat salam memiliki arti dan makna yang mengikat. Sebagai pengucap salam maka dia berjanji tidak akan memusuhi atau melukai baik dalam perkataan maupun perbuatan kepada seseorang yang diberikan salam. Begitupula dengan orang yang membalas dengan salam. Dia secara hakiki terikat dengan berjanji tidak akan berbuat jahat dalam perkataan atau perbuatan, karena sudah menjawab salam.

Dewasa ini banyak ucapan salam ‘’Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh’’ hanya menjadi substansi. sebatas menjadi tradisi kalimat tegur sapa, tidak dimaknai bahwa ucapan salam berarti berjanji tidak akan saling melukai baik dalam lisan, pikiran maupun perbuatan.

Sebagai umat Muslim sudah seharusnya berusaha meneladani ajaran Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, kita membiasakan mengucapkan salam tidak hanya sebagai tradisi tegur sapa, tetapi harus diresapi dalam hati yang penuh dengan keikhlasan. Bahwa ucapan salam berarti mendoakan dan janji untuk memberikan keselamatan kepada orang lain sesama Muslim.

 

 








Komentar Via Website : 4
bahaya kutil kelamin pada wanita dan cara menyembuhkanya
25 September 2018 - 14:25:42 WIB
terimakasih infonya sangat bermanfaat
cara mengobati kram usus secara alami
09 Oktober 2018 - 09:21:48 WIB
terimakasih infonya sangat bermanfaat https://goo.gl/DdSs7W https://goo.gl/uJCikQ
bahaya penyakit miom dan cara menyembuhkanya
15 Oktober 2018 - 10:14:45 WIB
mantap informasinya
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)