Teknologi

Indonesia Kembangkan Teknologi Hologram, Killer Application Di Masa Mendatang

Ma`arif | Rabu, 11 September 2019 - 09:29:53 WIB | dibaca: 37 pembaca

Pengembangan jaringan 5G yang dilakukan operator Indonesia terus dilakukan, sehingga memungkinkan teknologi hologram dapat dipakai untuk pertemuan jarak jauh diberbagai sektor. Pada implementasinya, holographic call di jaringan 5G akan menjanjikan kecepatan super tinggi.

Teknologi jaringan seluler generasi kelima diklaim akan menguntungkan berbagai segmen, seperti segmen industri, kesehatan, manufaktur, perkebunan, dan banyak bidang lainnya. Selain itu bahkan untuk pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diselenggarakan pada 2024, jaringan 5G akan sangat berguna bagi terwujudnya kampanye menggunakan teknologi hologram.

Hal tersebut diungkapkan Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika ketika menguji coba video streaming 5G. Ia mengungkap bahwa hologram yang ada saat ini masih terbilang sebagai perangkat yang rumit dan mahal. Ke depan, seiring berjalannya waktu, teknologi ini diharapkan kian membumi.

Hologram diyakini akan semakin dikenal masyarakat sebagai sarana komunikasi jarak jauh yang menghilangkan batas jarak dan waktu secara real-time.

‘’Teknologi hologram akan menjadi killer application di masa mendatang. Aplication ini nantinya akan mampu dipakai oleh Capres dan Cawapres saat kampanye. Bayangkan ini jika dipakai kampanye 2024, calon presidennya cukup di satu tempat sedangkan hologramnya jalan - jalan sendiri, muter ke kampong - kampung. Efisien kan ?’’ ungkapnya saat uji coba video streaming 5G, Jakarta – Surabaya, (05/09/19).

Dengan menggunakan teknologi hologram, alat untuk kampanye pemilihan presiden dan wakil presiden di tahun 2024 tidak perlu lagi berkampanye secara nyata di depan publik. Sehingga dengan adanya komunikasi melalui hologram calon presiden dan wakil presiden tidak perlu datang ke daerah, mereka dapat melakukan komunikasi secara virtual dengan hologram.

Sumber :

-       https://teknologi.id/technology/kampanye-gunakan-hologram/

-        https://selular.id