Sorotan

Interior Gedung Fakultas Teknik yang Baru Mengusung Konsep Green Building

Menik | Rabu, 21 Maret 2018 - 10:41:01 WIB | dibaca: 262 pembaca

Saat ini sedang berlangsung pembangunan gedung baru Fakultas Teknik (FT) UNTAG Surabaya yang berlantai 10. Menurut Wakil Dekan II Fakultas Teknik, Ir. Bantot Sutrisno, M.Sc, pembangunan gedung tersebut, menggunakan struktur sistem rangka baja dengan bresing eksentris dan konsep arsitektural eco-formally futuristic.

‘’Gedung baru Fakultas Teknik ini didesain untuk mendapatkan pencahayaan alami melalui void skylight yang cukup lebar untuk membantu dalam hal efisiensi energi pencahayaan. Pada area lantai plaza, terdapat cross ventilation udara baik secara horizontal dan vertikal pada atap sehingga pertukaraan udara di dalam gedung akan terjaga sangat baik. Untuk interiornya mengusung konsep bangunan ramah lingkungan atau green building,’’ jelasnya.

Lebih lanjut Ketua Tim Teknis Pembangunan Gedung FT itu, mengatakan bahwa tata letak dan fungsi ruang disesuaikan dengan perilaku pengguna gedung mulai dari dosen, mahasiswa, dan karyawan. Hal ini dilakukan untuk menciptakan fungsi ruang yang optimal.

‘’Contohnya banyak ruang komunal untuk menciptakan interaksi antar pengguna gedung. Integrasi terhadap gedung eksisting dilakukan dengan menambahkan koridor-koridor sirkulasi tangga yang menghubungkan antara kedua gedung agar dapat bersinergi dalam hal fungsi ruang,’’ ujar Bantot.

Dosen Teknik Sipil ini menambahkan, eksterior gedung menghadirkan sebuah citra Fakultas Teknik pada facade entrance bangunan sebagai simbol semangat dan kebanggaan.

‘’Struktur atap yang menjulang dengan siluet joglo sebagai ciri bangunan nusantara, menghasilkan perpaduan antara desain yang futuristic, namun tetap terjaga formalitasnya sebagai sebuah institusi pendidikan,’’ pungkasnya.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)