berita

Internet Menjadi Solusi di Industri 4.0

Redaksi | Kamis, 20 September 2018 - 12:54:54 WIB | dibaca: 597 pembaca

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik UNTAG Surabaya selenggarakan kuliah umum Guest Lecturer and Stadium General dengan tajuk ‘’The Implementation of Internet of Things (IoT) to Optimize Industrial Process in Industry 4.0’’. Kegiatan terselenggara di Meeting Room, gedung Graha Wiyata lantai 1 UNTAG Surabaya mendatangkan Prof. Shuo-Yan Chou (National Taiwan University of Science and Technology) sebagai pemateri, (17/09/2018).

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Sajiyo, M.Kes., Dekan Fakultas Teknik UNTAG Surabaya mengatakan jangan sia-siakan kesempatan ini. Cermati betul apa yang disampaikan pemateri. Karena pelajaran ini sangat yang dibutuhkan oleh mahasiswa Teknik Industri.

’Ini merupakan salah satu langkah awal untuk bisa bekerjasama dan menambah relasi. Sehingga hapanannya dengan kegiatan ini mahasiswa teknik industri bisa mengembangkan kerja sama antara UNTAG Surabaya dengan Universitas lainnya, kata Dr. Sajiyo

Sementara itu, Prof. Shuo-Yan Chou selaku pemateri, memaparkan tentang Development and Opportunities in Digitally Fuse World. Dalam paparaannya dia menjelaskan bahwa banyak kesempatan dan tantangan dalam Internet of Things (IoT) ini.

‘’Tantangan akan semakin banyak, apalagi saat ini kita telah memasuki Industri 4.0 yang ditekankan pada IoT, mengingat Industri 4.0 berkembang ketika internet menjadi solusi dari banyak hal. Adapun keunggulan Industri 4.0 ini adalah interkonektivitas, dimana semua orang terhubung secara virtual/media,’’ jelasnya

Dengan adanya IoT, kata Prof  Shou akan memungkinkan manusia terkoneksi dengan banyak hal, misalnya untuk memperkirakan cuaca.

‘’Kamera yang bisa memonitor kegiatan orang lain. Secara garis besar, cara kerja IoT adalah mengambil data dari dunia nyata dan memanfaatkannya sesuai kebutuhan kita,’’ imbunya

Lebih lanjut dia mencerikan pengalamannya ketika kuliah di Amerika, bahwa dirinya merasa seperti ada di belahan dunia lain. Menelpon dari Amerika ke Tiongkok pun sangat mahal.

‘’Kalian beruntung, sekarang semuanya serba murah dan mudah. Kita bisa terkoneksi dengan semua orang secara global. Perkembangan Industri 4.0 memungkinkan data tersimpan secara aman, bahkan memungkinkan dunia fisik dan digital terkoneksi menjadi dunia yang baru,’’ Ujar Prof  Shou. (Gilang)








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)