Sorotan

Jadwal Bimbingan Skripsi Dorong Mahasiswa Untuk Lulus Tepat Waktu

Kusnan | Senin, 05 Juni 2017 - 09:54:36 WIB | dibaca: 294 pembaca

Lulus tepat waktu memang menjadi keinginan setiap mahasiswa, orang tua, dan universitas. Tetapi pada kenyataannya, mahasiswa saat proses perkuliahan memiliki tantangan dan hambatan yang memengaruhi kelulusan, seperti disebabkan oleh skripsi atau tugas akhir, beberapa mata kuliah yang belum diambil karena bersyarat, sibuk dengan organisasi, dan ada pula yang terlalu santai.

Melihat kondisi tersebut Program Studi strata satu (S1) Psikologi UNTAG Surabaya mendesain ulang proses bimbingan skripsi. Menurut Kaprodi S1 Program Studi Psikologi, Diah Sofiah,S.Psi.,M.Psi kendala atau hambatan mahasiswa tidak lulus tepat waktu di Fakultas Psikologi lebih banyak disebabkan karena jadwal bimbingan skripsi yang belum sistematis.

“Masalahnya ada pada saat mahasiswa memprogram skripsi, kalau perkuliahannya lancar. Karena jadwalnya tidak teratur, akhirnya ada mahasiswa yang lulusnya tepat waktu, ada juga yang tidak,” jelasnya saat dikonfirmasi warta17agustus.com di kantornya, Senin (5/6/2017).

Lebih lanjut dosen yang akrab disapa Deden tersebut mengatakan, adapun desain ulang jadwal bimbingan skripsi adalah dibuat tujuh kali. Menurutnya, memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kepala program studi memberikan solusi terbaik untuk memecahkan masalah.

“Pertemuan pertama adalah overview, yakni memberikan penjelasan tentang program skripsi. Kedua, menetapkan topik atau judul, ketiga memulai bimbingan, keempat seminar, kelima  bimbingan alat ukur, keenam program report, dan ketujuh adalah sidang skripsi,” ucap Diah Sofiah.

Selain itu, mahasiswa juga masih bisa melakukan bimbingan skripsi di luar jadwal yang telah ditentukan. Setelah Fakultas Psikologi menetapkan jadwal bimbingan skripsi, kenaikan lulusan mahasiswa hampir mencapai 50 prosen dibandingkan sebelum-sebelumnya.

“Karena jadwal ini sifatnya memaksa, mahasiswa dan dosen pembimbing harus mempunyai target-target setiap pertemuan. Jadi, tidak bisa semaunya sendiri. Sistem ini sudah berjalan sejak semester lalu,” pungkasnya.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)