berita

Jiwa Kewirausahaan Dan Mengembangkan Daya Kreatifitas Dalam Menghadapi MEA

Kusnan | Senin, 23 November 2015 - 10:44:13 WIB | dibaca: 792 pembaca

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), UNTAG Surabaya menyelenggarakan Kuliah Umum Entrepreneurship di Ruang I 201-202, Gedung Pascasarjana. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at (20/11/2015) ini menghadirkan pemateri dari Direktur Pembinaan Kemahasiswaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Dr. Syahidin, M.Pd.

Wakil Dekan FISIP, UNTAG Surabaya, Dr. Ayun Maduwinarti, MP ketika membuka kuliah umum mengatakan, topik kuliah umum tersebut tepat sekali dengan kondisi sekarang ini. “Saat ini Masyarakat Ekonomi ASEAN sudah dimulai. MEA bisa menjadi peluang dan juga bisa menjadi sebuah ancaman bagi bangsa yang tidak mempunyai inovasi dan kreatifitas,” ungkap Dosen Administrasi Bisnis ini ketika membuka kuliah umum.

“Mahasiswa harus memiliki jiwa kewirausahaan dan mengembangkan daya kreatifitasnya untuk menghadapi MEA ini agar bisa mandiri,” imbuh Ayun.

Sedangkan Dr. Syahidin, M.Pd dalam kuliah umum itu mengatakan, sikap dan perilaku masyarakat negara berkembang di era globalisasi cenderung egois, hedonis, konsumtif, kurang mandiri, dan kehilangan identitas diri. “Semakin tinggi pendidikan, semakin rendah kemandirian dan semangat kemandiriannya,” jelas Direktur Pembinaan Kemahasiswaan UPI Bandung itu.

“Untuk itu kita harus mengubah mindset bagi para mahasiswa bahwa kemandirian dan kemampuan berwirausaha itu penting,” pungkasnya. Kuliah umum yang bertemakan “Semangat Entrepreneurship Dalam Menghadapi MEA” ini diikuti oleh mahasiswa yang menempuh Mata Kuliah Kewirausahaan.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)