Teknologi

Kecanggihan Drone CH 4, Alat Tempur Baru Milik TNI

Ma`arif | Rabu, 09 Oktober 2019 - 11:15:55 WIB | dibaca: 311 pembaca

Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 74 tahun, Sabtu (05/10/19). Dalam HUT kali ini, TNI memperkenalkan alat pertahanan terbarunya yaitu pesawat tanpa awak atau drone CH4 sekaligus menampilkan atraksinya. 

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan pesawat tanpa awak atau drone CH – 4 menjadi pembeda pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke - 74 TNI tahun ini dibanding tahun sebelumnya.

‘’Yang berbeda dengan tahun kemarin adalah bahwa penampilan khusus yang kita elaborasi dengan kegiatan – kegiatan lain, adalah adanya pesawat CH – 4,’’ ujar Panglima Hadi usai peringatan HUT Ke – 74 TNI di di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10)

Pesawat nirawak CH – 4 menjadi salah satu alat utama sistem senjata (alutsista) terbaru yang dimiliki TNI. Drone canggih buatan China tersebut sebelumnya telah diuji coba dalam latihan gabungan TNI di Situbondo beberapa waktu lalu.

Hadi mengatakan CH – 4 memiliki keistimewaan dibanding pesawat nirawak pada umumnya, lantaran berfungsi tidak hanya sebagai alat pengawasan dan pengintaian, namun juga mampu melaksanakan serangan melalui penembakan rudal dengan akurasi tinggi. Drone yang dipersenjatai rudal AR 1 itu dapat ditembakkan dari ketinggian 15 ribu kaki.

Selain itu, pesawat nirawak tersebut juga dapat terbang dengan durasi hingga 12 jam, disertai kemampuan radius jangkauan 1500 hingga 2000 km apabila diintegrasikan dengan satelit beyond line of sight (BLOS).

‘’Rencananya, TNI AU akan memiliki enam unit drone tersebut untuk memenuhi dua sistem satuan penembakan,’’ jelsnya.

Hadi menambahkan peringatan HUT Ke – 74 TNI ini menjadi momen perdana bagi Presiden Joko Widodo menyaksikan atraksi drone CH4 tersebut.

‘’Hari ini kita tampilkan di depan Presiden bahwa kita sudah memiliki pesawat tanpa awak,’’ kata dia.

Selain drone tempur, TNI AU juga melakukan atraksi pesawat tempur dari Tim Aerobatik Jupiter dengan sejumlah formasi dan manuver di langit Lanud Halim Perdanakusuma. Total ada 157 unit pesawat yang dikerahkan untuk memeriahkan HUT Ke – 74 TNI tahun 2019.

Sumber : https://nasional.republika.co.id