Religi

Keistimewaan Puasa Asyura Pada 10 Muharam

Yogi | Jumat, 06 September 2019 - 09:16:05 WIB | dibaca: 766 pembaca

Dalam tanggalan Islam, saat ini telah memasuki awal bulan Muharam, bulan pertama di tahun Hijriah. Pada bulan ini dianjurkan bagi umat Islam melakukan banyak amalan sunah, salah satunya adalah puasa Asyura, puasa sunah yang dilakukan pada 10 Muharam. Asyura merupakan kata bahasa Arab yang berasal dari Asharah yang berarti 10.

Salah satu keutamaan puasa Asyura yang jatuh pada 10 Muharam atau Selasa, 10 September 2019 mendatang adalah, dihapuskannya dosa-dosa setahun yang lalu. Hal ini tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Penjelasan tentang penghapusan dosa-dosa setahun lalu tersebut diungkapkan dalam hadits puasa Asyura.

Abu Qotadah Al Anshoriy berkata, ‘’Nabi shallallahualaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? beliau menjawab, ‘’Puasa Arafah akan menghapus, dia menjawab, ‘’Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.’’ (HR. Muslim, No. 1162).

Sementara itu dalam riwayat lain juga disebutkan dalam Musnad Al Humaidi, Rasulullah shallallahualaihi wa sallam bersabda, ‘’Puasa Asyura dapat mengampuni dosa satu tahun sebelumnya’’. Adapun dosa yang dimaksud di sini merupakan dosa kecil, sebab dosa besar akan diampuni oleh Allah melalui pertobatan. Selain itu, hikmah atau manfaat puasa Asyura akan diperoleh selama melakukan puasa tersebut tidak ada unsur riya dan dilakukan dengan penuh keikhlasan.

Selain dosa kecil diampuni oleh Allah, mengerjakan puasa Asyura juga disertakan dengan puasa selama satu tahun . Pendapat ini didasarkan pada riwayat Sa`id bin Jubair yang terdapat dalam kitab Al-Atsar karya Abu Yusuf. Isi dalam kitab tersebut mengatakan bahwa, ‘’Puasa Asyura setara dengan puasa satu tahun’’.

Dari beberapa riwayat di atas, dapat disimpulkan bahwa ada dua hikmah ketika mengerjakan puasa Asyura. Yang pertama dosa satu tahun sebelumnya diampuni Allah azza wa zalla sedangkan yang kedua puasa pada hari tersebut disamakan pahalanya dengan puasa satu tahun. Hikmah ini dapat diperoleh apabila puasa dikerjakan atas dasar keikhlasan dan diniatkan untuk mencari ridha dan ampunan Allah.

Dengan mengetahui beberapa hal terkait puasa Asyura, semoga umat Islam dapat lebih bersemangat untuk menjalankan ibadah puasa tersebut.

Sumber : https://www.liputan6.com/news/read/3647915/ini-keutamaan-puasa-asyura-bagi-umat-islam