Religi

Kekuatan Gayatri Mantra

Redaksi | Jumat, 05 Juli 2019 - 11:21:36 WIB | dibaca: 103 pembaca

Dalam agama Hindu secara universal kita mengenal yang namanya mantra/mantram. Mantra bukanlah hanya sekedar nyanyian kata-kata, namun sebagai sarana memusatkan pikiran menuju alam kebahagiaan spiritual Tuhan/Sang Hyang Widhi dan sebagai sarana komunikasi yang mempunyai nilai yang sangat religius. Mantra tidak hanya diucapkan berkali-kali tetapi juga harus dimengerti dan direnungkan. Dengan begitu akan dapat merasakan kebahagiaan spiritual menuju kepada Hyang Widhi.

Mantra yang paling penting kita kenal dan merupakan pokok atau ibu dari semua mantra dan weda adalah mantra Gayatri. Mantra Gayatri juga menjadi bagian dalam mantra Tri Sandhya yang menjadi mantra persembahyangan umat Hindu di Bali.

Mantram Gayatri juga dinyatakan sebagai Ibu dari segala mantram, Gayatri juga disebut sebagai doa yang universal yang terdapat dalam Kitab Suci Weda, baik Reg Weda, Yajur Weda maupun Sama Weda. Mantra ini dapat digunakan untuk memohon kejernihan akal budi agar tercipta kebenaran tanpa penyimpangan. Mantram Gayatri dianggap sebagai intisari dari seluruh ajaran weda, sehingga ada orang yang menyatakan bahwa sesungguhnya orang tidak perlu mengucapkan Mantram apapun selain Gayatri Mantram.

Mantra Gayatri adalah mantra yang paling dasar dan umum dalam agama Hindu. Bagi umat Hindu, mantra gayatri juga dapat dikatakan sebagai mantram yang telah ada diluar kepala, karena sejak kecil lingkungan telah mengajarkan mantra ini. Tapi apakah kalian tau? Mantra yang kita lantunkan hampir setiap harinya memiliki kekuatan yang tidak kita bayangkan?

Artinya : Ya Tuhan Pencipta tiga loka ini, Engkaulah sumber segala cahaya, Engkau sumber kehidupanPencarkanlah pada budhi nurani ini, SinarMu yang maha suci.

Dalam kitab suci disebutkan bahwa gayatri mantra adalah mantra inti. Ibu dari segala mantra. Karena seluruh mantra yang ada bersumber dari gayatri mantra. Apa saja manfaat dari gayatri mantra dan mengapa kita melantunkannya? pertanyaan-pertanyaan seperti ini telah dijawab dalam Kitab Atarwa Weda XIX,71,1 yang berbunyi : ‘’Gayatri Mantram yang diakhiri dengan kata pracodayat adalah Ibunya empat Weda, yang menyucikan semua dosa para dwija’’.

Oleh karena itu selalu ucapkan mantra tersebut, Gayatri Mantra ini pemberi panjang umur, prana dan keturunan yang baik, pelindung binatang, pemberi kemashyuran, pemberi kekayaan dan pemberi cahaya yang sempurna.

Oh Tuhan Berikanlah jalan moksa padaku.

Makna Gayatri Mantra adalah anugrah pencerahan pada hati nurani ini. Nurani dalam Kegelapan akan dituntun ke jalan terang, hati yang terang akan dituntun pada perbuatan satwika.

Jadi, sebagai Umat Hindu yang baik, mari kita mengucapkan Gayatri Mantra demi kebahagiaan alam semesta.

Gayatri  Mantram untuk pengobatan. Banyak orang yang mengatakan bahwa mantram Gayatri sangat ampuh digunakan sebagai pengobatan, dan dibawah ini ada beberapa cara pengobatan menggunakan Gayatri mantram :

1.     Sihir, ilmu tenung, leak, dll. Pegang air dalam gelas depan dada, satukan cipta rasa degan membayangkan kuasa tuhan sambil menarik nafas, umpamakan menarik air api angin, lalu rasakan masuk ketubuh dan bersemayam dijantung.Ucapkan gayatri mantram dengan menahan nafas 11 kali, kemudian ucapkan om 11 kali, lalu barulah air diminum, dan mengusapkan keseluruh tubuh. Lakukan sampe sakit hilang.

2.     Menghilangkan keresahan galau dan takut. Rasakan saat menarik nafas dan mengeluarkan sambil merasakan suara om, sampai tarik nafas hitungan ke 9x. Lalu ucapkan gayatri mantra dalam hati sungguh-sungguh 9x. lalu hembuskan nafas dan usap seluruh tubuh.

3.     Menghilangkan serangan ilmu hitam, dan gangguan mahluk halus.

Ucapkan gayatri mantra sebelum tidur 3x, bangun pagi 7x, ketika menginjakkan kaki ucapkan om sambil berjalan beberapa langkah, lakukan seumur hidup. Namun demikian, dengan lebih sering berjapa Gayatri Mantram kita akan sedikit demi sedikit dapat mencapai kesucian itu. Teruslah berjapa dan jangan pernah bosan. Lambat tapi pasti, ketenangan jiwa akan mulai terasa. Mantra Gayatri melindungi kita karena Gayatri adalah Annapurna, Ibu Jagat Raya, kekuatan yang menjiwai segala kehidupan. Bila kita dilindungi Annapurna, Tuhan sebagai Ibu, kita tidak perlu menangis untuk pangan atau papan. Karena itu, kita harus mengucapkan Mantra Gayatri sesering mungkin. Semakin banyak kita mengucapkan Mantra Gayatri, semakin besar manfaatnya bagi kita.

Ya Tuhan pencipta alam semesta ini, Ibu dari segala Ilmu Pengetahuan, maafkan lah hamba jika apa yang hamba tulis ini ada kesalahan yang tidak hamba sengaja. Hamba hanya ingin menyebarluaskan ilmu pengetahuan agar tidak ada lagi kegelapan di dunia ini.

satyam eva jayate’’

Penulis : Putu Ayu S.H. Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Hindu (UKMKH).

Reporter : MKM

Editor     : LA_Unda

 








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)