berita

Kelompok 14 KKN Reguler UNTAG Surabaya Akan Gelar Seminar Digital Parenting di Probolinggo

Menik | Rabu, 24 Januari 2018 - 14:08:07 WIB | dibaca: 918 pembaca

Kelompok 14 KKN Reguler UNTAG Surabaya Semester Gasal 2017/2018 akan menyelenggarakan Seminar Digital Parenting bertempat di Balai Kelurahan, Jrebeng Kulon, Probolinggo pada 2 Febuari 2018 nanti. Seminar ini digelar untuk memberikan wawasan dan edukasi tentang digital parenting pada orang tua  yang memiliki anak di bawah umur.

Ketua KKN Kelompok 14, Satrio Utomo, mengatakan Seminar Digital Parenting  merupakan salah satu program kerja dari devisi Pendidikan dan Kesehatan (Penkes).

“Kelompok 14 melalui kegiatan ini ingin mengedukasi orang tua yang memiliki anak di bawah umur tentang digital parenting pada orang tua,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Devisi Penkes Kelompok 14, Silvia Wibowo, menjelaskan mendidik anak di era digital saat ini memang sangat sulit. Hal itu disebabkan anak-anak sudah familiar dengan gadget dalam kehidupan sehari–harinya, tentu cukup sulit melarang anak agar tidak bermain gadget.

Dikutip dari detikhealt.com, menurut psikeater dan praktisi pendidikan anak terkemuka di Korea,Yee –Jin Shin, digital Parenting adalah pola pengasuhan orang tua yang disesuaikan dengan kebiasaan anak menggunakan gadget atau perangkat digital,” paparnya.

Mahasiswa Prodi Psikologi tersebut menambahkan, garis besar dalam digital parenting adalah memberikan batasan yang jelas kepada anak tentang hal-hal yang boleh maupun yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan gadget atau perangkat digital. Tidak hanya berupa peraturan-peraturan, digital parenting juga bisa diterapkan dengan cara pendekatan yang dilakukan orang tua untuk menjelaskan seputar pengalaman menggunakan gadget kepada anak.

Jrebeng Kulon adalah kelurahan yang sudah terjamah dengan era globalisasi. Anak di bawah umur di daerah Jrebeng Kulon sudah mengenal Gadget, yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari mereka,” ucap Silvia.

Maka dari itu, kata dia, diperlukan penyuluhan mengenai digital parenting agar para orang tua bisa mengawasi anak-anak, memberikan masukan pada anak tentang baik dan buruknya gadget. Sementara sasaran Seminar Digital Parenting adalah, 10 warga, 5 wali murid SD Jrebeng Kulon 1 dan 5 Wali Murid SD Jrebeng Kulon 2.

“KKN di Probolinggo dilaksanakan mulai tanggal 24 Januari  sampai 4 Februari 2018.  Sedangkan narasumber Seminar Digital Parenting adalah Dr.I GAA Noviekayati, M.Si.,Psikolog (Dosen Psikologi UNTAG Surabaya),” tutupnya.








Komentar Via Website : 1
Cara Mengatasi Radang Usus Secara Alami
11 Desember 2018 - 14:08:11 WIB
Terimakasih, Semoga bermanfaat ..... https://goo.gl/QAAv2G
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)