Sorotan

KEMENRISTEKDIKTI Umumkan Panduan Admin Perguruan Tinggi Untuk Integrasi LMS PT Ke SPADA 2019

Redaksi | Senin, 20 Mei 2019 - 10:31:56 WIB | dibaca: 203 pembaca

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI), Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan mengumumkan Panduan Admin Perguruan Tinggi untuk Integrasi Learning Management System (LMS) Perguruan Tinggi ke Sistem Pembalajaran Daring (SPADA) Indonesia. Pengumuman berdasarkan Surat Edaran Nomor : 5/B2.3/PB.03.00/2019 Tentang Integrasi LMS Perguruan Tinggi ke SPADA yang di muat dalam laman resmi https://belmawa.ristekdikti.go.id  sejak Jumat, (17/05/19) kemarin sudah bisa diakses.

Direktur Pembelajaran, Paristiyanti Nurwardani mengatakan, Berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Kelembagaan IPTEK dan DIKTI Kemenristekdikti Nomor B/606/C.C5/KB.00.02/2019 mengenai Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia Tahun 2019, salah satu indikator Klasterisasi Perguruan Tinggi adalah memiliki Pembelajaran Daring (e-learning). Untuk mempermudah proses klasterisasi Perguruan Tinggi, khususnya pada kriteria Pembelajaran Daring, Perguruan Tinggi yang telah memiliki LMS e-learning dihimbau untuk melakukan Integrasi LMS ke dalam SPADA Indonesia.

‘’Dengan terintegrasinya LMS Perguruan Tinggi dalam SPADA Indonesia, maka pembelajaran daring di Perguruan Tinggi akan semakin mudah diakses oleh masyarakat luas. Hal ini seiring dengan tujuan dari penyelenggaraan SPADA Indonesia,’’ paparnya, Senin (13/05/19).

Menjadikan pembelajaran Daring sebagai salah satu indicator klasterisasi, perguruan tinggi didorong untuk mulai aktif dalam menjalankan pembelajaran Daring. Untuk mempermudah pengawasan guna menjamin mutu peyelenggaraan pembelajaran daring oleh Kementerian, Learning Management System (LMS) Perguruan Tinggi harus terintegrasi dengan Sistem Pembalajaran Daring (SPADA) Indonesia.

Dalam upaya mempermudah proses Integrasi LMS Perguruan Tinggi ke SPADA Indonesia, Direktorat Pembelajaran telah menyusun panduan Integrasi LMS Perguruan Tinggi ke SPADA Indonesia yang dapat diakses pada laman https://belmawa.ristekdikti.go.id.

Berikut link yang bisa di unduh:

Unduh Panduan : Panduan Admin - Integrasi LMS PT ke Spada

Unduh Surat Edaran :  Surat Edaran Integrasi LMS PT ke SPADA

Sedangkan untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi saudara Agus Sumantri (HP. 085669503819) dan Arief Fajar (HP. 08568023191).

Reporter : MKM

Editor     : LA_unda