berita

Ketua YPTA Surabaya: Kehadiran Direktorat Sistem Informasi Sangat Membantu Kinerja Satuan Pendidikan

Menik | Kamis, 07 Juni 2018 - 09:08:57 WIB | dibaca: 122 pembaca

Direktorat Sistem Informasi Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya memberikan sosialisasi tentang sistem informasi kepada empat satuan pendidikan yang ada di lingkungan YPTA Surabaya. sosialisasi berlangsung di Meeting Room 1, Jum’at (1/6/2018).

Direktur Sistem Informasi YPTA Surabaya Supangat,M.Kom.,ITIL.,COBIT dalam sosialisasi tersebut mengatakan, standart tata kelola IT di lingkungan YPTA Surabaya mencakup tentang IT Governance menggunakan COBIT 5 dan ISO 38500, IT Service Management menggunakan ITIL dan ISO 20000.

‘’Untuk Project Management menggunakan PRINCE 2 dan PMBOK V5:2013, Risk Managent menggunakan COSO, Risk IT:2009, MOR , OCTAVE dan  ISO 31000, Value Delivery menggunakan Val IT dan MoV, Information Security menggunakan ISO 27001,’’ jelasnya.

Lebih lanjut dosen Teknik Informatika UNTAG Surabaya itu menambahka, untuk semua sistem informasi yang dikembangkan oleh Direktorat Sistem Informasi YPTA Surabaya sudah memiliki Hak Cipta. Selain itu, sistem informasi yang dimiliki juga sudah terintegerasi dengan sistem informasi milik Dikti diantaranya SISTER, FEEDER, dan FORLAP.

‘’Untuk portal sistem informasi kita memiliki: Web BSI, SIM Lab., Monitoring Hotspot, SIM Peminjaman Kendaraan, SIM Asset, Website Prodi UNTAG Surabaya, Manajemen Presentasi AIPT, SILADIKTI, SIM Ketenagaan, SIVIL, Site Dosen, SIM Point, SIMLITABMAS, SIM Pengaduan, SIM Tugas, E-Arsip, E-Learning Based On Personality, SIM KKN, SIM HR Dosen, SIM Akreditasi, Warta17 Agustus, E-Voting, SIM Akademik, SIM Agenda dan SIM KP TA,’’ paparnya.

Dalam sosialisasi tersebut Supangat juga menyebutkan, bahwa Direktorat Sistem Informasi juga memiliki kerja sama yang baik dengan beberapa instansi,  di antaranya SAIM, Multimatics, Universitas Bakrie, Yayasan Al-Insanul Kamil Surabaya, SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, SMK Negeri Ngasem Bojonegoro, Kebun Binatang Surabaya, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia, dan lembaga lainnya.

‘’Semoga seluruh satuan pendidikan di lingkungan YPTA Surabaya bisa melaksanakan semua system informasi yang sudah ada dan diperkuat dengan regulasi agar bisa berjalan dengan baik,’’ pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua YPTA Surabaya Drs. Ec. Mangapul Silalahi, MM mengapreasi capaian yang diraih oleh Direktorat Sistem Informasi. Menurut dia, kehadiran Direktorat Sistem Informasi saat ini sangat membantu kinerja masing-masing satuan pendidikan.

‘’Bisa kita ketahui bahwa sistem informasi yang kita miliki tidak kalah dengan perguruan tinggi yang lain. Untuk itu, marilah kita bersama-sama mendukung dan menerapkan dengan baik sistem informasi yang kita miliki,’’ ujarnya.

Perlu diketahui bahwa empat satuan pendidikan yang dimiliki oleh YPTA Surabaya adalah, UNTAG Surabaya, Politeknik UNTAG Surabaya, SMTAG Surabaya, dan SMTAG Surabaya.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)