berita

KKN di Kota Probolinggo, Mahasiswa UNTAG Surabaya Membuat dan Berikan Penyuluhan Irigasi Tetes

Menik | Jumat, 02 Februari 2018 - 11:32:56 WIB | dibaca: 304 pembaca

Kelompok 16 Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNTAG Surabaya Semester Gasal 2017/2018 membuat dan memberi penyuluhan tentang irigasi tetes di Kelurahan Kedopok, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, Senin (29/1/2018). Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja pegawai kelurahan dalam menjaga lingkungan agar tetap asri.

Ketua Devisi Teknologi Tepat Guna (TTG) Kelompok 16, Ferdi Eka Pratama, mengatakan di depan Kantor Kelurahan Kedopok terdapat lahan kosong dan gersang, sehingga belum dapat dimanfaatkan secara optimal. Padahal, jika lahan tersebut diolah akan terlihat indah dipandang dan memberikan rasa nyaman kepada warga yang datang ke kantor kelurahan.

Tujuan pembuatan dan penyuluhan tetes untuk meningkatkan semangat kerja bagi pegawai kelurahan karena lingkungan yang asri, suasana nyaman, dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat serta memberi contoh konsep irigasi tanaman yang praktis bagi masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut mahasiswa Teknik Industri itu menjelaskan tentang manfaat dari irigasi tetes. Yaitu, menyuburkan tanah, melembabkan tanah yang keras, sehingga dapat menambah daya tahan tanaman, dapat meminimalisir kesalahan penyiraman dan efisiensi waktu penyiraman.

Sedangkan cara kerjanya adalah pastikan terlebih dahulu pipanya, sumbu dan bunga dalam keadaan yang benar, isi ember menggunakan air bersih, buka kran air secara penuh, pastikan air menetes ke semua bunga, tutup kran air bila sudah selesai pengoperasian,” papar Ferdi.

Sementara itu, di tempat terpisah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 16, Wiwin Widiasih,ST.,MT, saat dikonfirmasi warta17agustus.com mengharapkan kegiatan pembuatan dan penyuluhan irigasi tetes di Kelurahan Kedopok dapat mempercantik dan memberikan rasa nyaman terhadap setiap pengunjung.

Semoga dapat diimplementasikan secara mandiri oleh perangkat Kelurahan Kedopok maupun warga masyarakat. Dan, Kelurahan Kedopok menjadi kelurahan yang asri dan menjadi keurahan terbaik dalam segi lingkungan hidup dengan mengutamakan konsep teknologi tepat guna yang terbarukan,” pungkas dosen Teknik Industri itu.








Komentar Via Website : 2
Cara Mengecilkan Benjolan Wasir Secara Alami
02 Februari 2018 - 14:45:16 WIB
good day Friday I hope your day is happy :)
https://goo.gl/DyzjtY
https://goo.gl/oFoUjb
ht tps://goo.gl/oMyYGB
https://goo.gl/HQsBCT
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)