berita

Kompetisi Ide Bisnis Inovasi Teknologi Akan Kembali Digelar

Yogi | Selasa, 24 September 2019 - 09:27:09 WIB | dibaca: 4784 pembaca

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) kembali akan menggelar Pameran Startup Teknologi dan Inovasi Industri Anak Negeri (I3E) pada tanggal 3 - 6 Oktober mendatang. Pameran dengan tema ‘’Startup Teknologi dan Inovasi Industri Meningkatkan Daya Saing Bangsa’’ yang akan diikuti sejumlah start up teknologi tersebut akan dipusatkan di Hall B JCC, Senayan, Jakarta Selatan.

Prof. Mohammad Nasir, PhD., Ak., Menristekdikti, menjelaskan bahwa pameran I3E bertujuan mempromosikan produk - produk inovasi teknologi hasil karya anak bangsa kepada masyarakat luas. Menurutnya Kementerian ingin hasil inovasi dari para inovator benar - benar terasa manfaatnya bagi masyarakat, sekaligus menumbuhkan sektor industri, khususnya menjawab tantangan dan peluang di era revolusi industri 4.0.

‘’Pameran I3E tahun ini diharapkan menjadi sarana promosi efektif sehingga menjadi daya tarik bagi calon konsumen dan tentu saja bagi investor,’’ ujar M. Nasir dalam keterangan pers, Selasa, 10 September 2019.

Kegiatan tersebut sekaligus menjadi arena pertemuan antara inovator, dan investor, karena sebanyak 500 investor akan diundang untuk menghadiri perhelatan ini, supaya dapat melakukan bisnis meeting dengan para peserta. Untuk lebih memeriahkan event tahunan ini, selain memamerkan hasil - hasil inovasi, pameran I3E tahun ini juga melakukan kegiatan lainnya seperti seminar bisnis dan teknologi, speed dating, talkshow bisnis, bisnis coaching, dan kompetisi ide Teknologi.

Total ada 1.307 startup teknologi. Rinciannya 749 startup teknologi atau Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), 558 calon startup atau Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT), dan 15 inovasi industri.

Adapun persyaratan untuk mengikuti pameran tersebut, sebagai berikut :

1.     Diikuti oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.

2.     Produk yang dilombakan belum pernah mengikuti program pendanaan Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) atau Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) atau Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) di Ristekdikti.

3.     Kampus diperbolehkan mengirimkan lebih dari 1 karya ide inovasi.

4.     Karya inovasi dituangkan dalam bentuk poster ukuran A3 dan video berdurasi 2 - 3 menit untuk keperluan penayangan di Youtube dan Media Sosial.

5.     Konten dalam poster terdiri dari kombinasi tulisan dan gambar atau alur ide teknologi yang akan dikembangkan sesuai dengan kategori yang dilombakan.

6.     Peserta yang terpilih untuk presentasi, diharapkan membawa prototype produk inovasinya.

7.     Satu tim beranggotakan maksimal tiga orang yang berasal dari lintas fakultas.

8.     Format bahan presentasi dapat di-download pada alamat http://i3expo.co.id/

9.     Batas penerimaan presentasi sampai dengan tanggal 1 Oktober 2019 dan dikirim ke e-mail i3ecompetition@gmail.com

10.  Peserta mempresentasikan bahan di hadapan juri yang independent.

Sumber : http://ristekdikti.go.id