berita

Kuliah Umum FE UNTAG Surabaya dengan EQWIP HUBs Bahas Developing Business Ideas

Latifah | Senin, 08 Januari 2018 - 10:34:28 WIB | dibaca: 134 pembaca

Fakultas Ekonomi (FE) UNTAG Surabaya bekerja sama dengan EQWIP HUBs-Canada World Youth menggelar kuliah umum kewirausahaan dengan tema Developing Business Ideas. Kegiatan yang bertempat di Gedung Graha Wiyata lantai 9 itu menghadirkan Celia Meghan McLean (Business Advisor and Financial analyst) dan Abu Amar Fikri (pengusaha dan trainer di EQWIP HUBs) sebagai narasumber, Kamis (4/1/2018).

Celia Meghan McLean sebagai pemateri pertama dalam kuliah umum “Developing Business Ideas memaparkan materi tentang “How to Find A Business Idea. Menurut dia, ada lima cara untuk menemukan ide dalam berbisnis.

“Yang harus kita pahami pertama adalah memahami diri sendiri. Pahami mengenai apa yang disukai dan yang tidak disukai, dengan begitu akan tahu apa yang kita inginkan. Kedua, observasi lingkungan. Jadi, kita harus lebih peka akan kebutuhan orang-orang di sekitar, karena bisa jadi ide bisnis memunculkan dari sana,” ucapnya.

Ketiga, lajut Celia, adalah mempelajari kesuksesan dan kegagalan yang dialami perusahaan lain. Hal itu perlu dilakukan mengetahui kekurangan perusahaan lain yang kemudian bisa menjadi ide bisnis yang dapat dikembangkan.

Keempat adalah experience more, yakni dengan menciptakan lingkungan yang menimbulkan kesalahan yang menguntungkan. Dan cara terakhir adalah mencoba bekerja dengan partner,” tegasnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama yaitu Abu Amar Fikri (pemateri kedua) menyebutkan bahwa ada 5 syarat utama untuk bisa membangun bisnis impian.

Syarat pertama, memiliki tujuan yang benar atau right visio. Kedua, lakukan apa yang disukai dengan begitu akan menemukan passion terlebih dahulu. Ketiga, miliki bakat atau keahliannya. Keempat, pilihlah satu bisnis dimana orang mau membayar yang Anda jual dan perlu diingat bahwa masalah pelanggan juga dapat berubah menjadi peluang bisnis. Kelima, segera realisasikan ide bisnis yang telah Anda pilih,” jelas pengusaha makanan ringan itu.

Menurut Fikri, dalam memulai bisnis impian bisa dilakukan dengan mengkombinasikan 5 syarat utama tersebut.

Dari ke limanya bisa diibaratkan seperti irisan yang berkesinambungan untuk bisa menyatukan tujuan bisnis yang tepat, yaitu antara apa yang Anda suka, apa yang Anda mampu dan kebutuhan pelanggan yang kemudian lakukan action yang tepat, tutupnya. 








Komentar Via Website : 3
cara menyembuhkan penyakit hiperteroid
12 Januari 2018 - 08:46:21 WIB
terimakasih, artikel ini sangat membantu https://goo.gl/7sX3Ey
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)