berita

Lewat KWU 3, FEB Untag Surabaya Latih Mahasiswa Jadi Wirausaha Professional

Redaksi | Senin, 08 Juli 2019 - 10:21:09 WIB | dibaca: 4757 pembaca

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untag Surabaya seperti biasa mengadakan program bazar mata kuliah Kewirausahaan (KWU) 3 untuk cetak jiwa wirausaha sejak dini. Kegiatan tiap semester itu kali ini bertemakan ‘’Berkarya Dengan Ilmu’’ di lantai dasar Gedung Graha Wiyata Untag Surabaya dengan jumlah peserta 132 dari seluruh Prodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, (03/07/19).   

Drs. Ec. Mohammad Suyanto, M.M., ketua panitia menjelaskan, KWU 3 merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untag Surabaya. Program seperti ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dapat berlatih berwirausaha. Setelah menempuh mata kuliah, diharapkan mahasiswa bisa melanjutkan untuk kegiatan wirausaha secara mandiri.

‘’Untuk proses sebelum akhirnya sampai di bazar, ada beberapa tahap yang harus mereka lakukan. Pertama, mereka diwajibkan untuk membuat proposal tentang perencanaan bisnis. Kedua, mereka harus mempersiapkan produk atau jasa yang akan mereka jual. Setelah itu, kita terjunkan untuk menjual di lapangan langsung yaitu diluar kampus. Jadi sebelum jualan di bazar, mereka wajib berjualan di luar kampus dulu. Karena itu perlu untuk melatih mental agar menjadi wirausaha yang professional,’’ jelasnya.

Lebih lanjut, Dosen Prodi Manajemen itu menerangkan, bahwa bazar ini diadakan untuk setiap semesternya, karena salah satu visi dari FEB Untag Surabaya sendiri adalah mencetak kader – kader pengusaha muda sejak dini. Artinya program KWU 3 merupakan sebuah praktek nyata bahwa mereka melakukan suatu kegiatan usaha, sehingga nanti setelah lulus tidak perlu mencari kerja tetapi bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

‘’Untuk tema dari bazar yang diadakan setiap semesternya bisa berbeda – beda, kebetulan semester ini temanya adalah ‘’Berkarya Dengan Ilmu’’ yang berarti seorang pengusaha dalam menjalankan kegiatannya harus rasional dengan membuat suatu perencanaan terlebih dahulu. Jadi, suatu kegiatan usaha harus dilandasi dengan ilmu pengetahuannya. Maka dari itu di FEB ada 3 mata kuliah untuk KWU, yaitu KWU 1, KWU 2, dan KWU 3. KWU 1 sasarannya adalah memberikan bekal dan landasan tentang ilmu kewirausahaan, sedangkan KWU 2 agar mahasiswa dapat mencetak perencanaan bisnis dan KWU 3 ini sebagai prakteknya,’’ terang Suyanto.

Terakhir, Kepala Laboratorium Manajemen itu mengharapkan, setelah diadakannya praktek kewirausahaan ini, mahasiswa akan sadar bahwa sesungguhnya berwirausaha itu enak, asik dan tidak sulit untuk dilakukan. Mungkin wajar awalnya pasti ada rasa canggung, malu, atau lainnya tetapi setelah terjun langsung ke masyarakat akan berbeda.

‘’Setelah mahsiswa mempraktekkan ini, kami berharap akan bangkit jiwa kewirausahaanya mereka. Untuk menindak lanjuti praktek bazar ini, kami di Fakultas ada laboratorium kewirausahaan sebagai tempat berkonsultasi mahasiswa yang memang sudah terbentuk jiwa wirausahanya. Jadi, tidak perlu khawatir kami akan follow up mahasiswa sampai benar – benar siap menjadi wirausaha yang professional,’’ tutupnya saat wawancara di tempat bazar.

Reporter : MKM

Editor     : LA_Unda