berita

Literasi Media Dibutuhkan Agar Masyarakat Tahu Dampak Positif dan Negatif TIK

Menik | Rabu, 14 Februari 2018 - 10:37:20 WIB | dibaca: 342 pembaca

Kelompok 3 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Semester Gasal 2017/2018 UNTAG Surabaya menyelenggarakan Seminar Literasi Media di Desa Ngadirojo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Seminar yang digelar pada Rabu (7/2/2018) tersebut bertujuan memberikan pemahaman tentang sisi negatif dan positif penggunaan gadget serta bagaimana cara menyikapinya.

Ketua Kelompok 3, Angga Yusuf. P, mengatakan kekhawatiran orang tua akan pengaruh yang diberikan oleh gadget memang cukup beralasan. Hampir sebagian besar orang tua mengeluh karena anaknya banyak menghabiskan waktu untuk bermain smartphone daripada mempelajari mata pelajaran yang diberikan oleh sekolah. Selain itu, keluhan lainnya adalah, anak kurang bersosialisasi, kecanduan, emosi cenderung meningkat.

Seminar literasi media ini untuk memberikan pemahaman tentang sisi negatif dan juga sisi positif penggunaan gadget, menyampaikan apa yang harus kita lakukan terhadap penggunaan gadget, menjelaskan apa yang dimaksud hoax dan bagaimaan cara mengenali dan menyikapinya,” jelas Angga.

Sementara itu, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Kelompok 3, Muchamad Rizqi, S.I.Kom.,M.Med.Kom, menjelaskan bahwa gadget selain memiliki dampak negatif juga memberikan banyak manfaat, diantaranya sebagai media untuk melatih sistem motorik anak, mengurangi stress, mempermudah komunikasi, sebagai media untuk melakukan transaksi jual beli, menambah pertemanan, dan sebagai jendela pengetahuan.

“Berbagai fasilitas dan kemudahan yang disajikan dalam gadget dapat kita manfaatkan untuk menunjang segala aktivitas kita sehari-hari mulai dari mencari berbagai macam materi pelajaran, berita terbaru, hingga melakukan transaksi jual beli online. Semua manfaat yang ada di dalam gadget itu akan dapat dimaksimalkan apabila masyarakat menggunakannya dengan bijak,” ujarnya.

Dosen Ilmu Komunikasi itu berpesan kepada masyarakat agar mampu memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sesuai dengan kebutuhan.

“Jika kita bijak dalam menggunakannya gadget maka banyak sekali manfaatnya. Gunakan gadget sesuai dengan kebutuhan, berikan pemahaman kepada orang terdekat, dan jadilah contoh yang baik bagi mereka,” ucap Rizqi.

Seminar Literasi Media yang digelar oleh mahasiswa KKN ini juga disambut baik oleh masyarakat. Menurut Ketua PKK Desa Ngadirojo, Endang, seminar tersebut dibutuhkan di desanya untuk mengedukasi masyarakat terkait perkembangan TIK.

“Seminar ini sangat baik untuk mengetahui berbagai dampak yang diakibatkan oleh gadget yang belum pernah kami dapatkan sebelumnya. Literasi media sangat diperlukan bagi siapapun terutama bagi orang tua agar dapat memberikan pemahaman kepada anak-anaknya yang memang rentan sekali terkena dampak buruk gadget mengingat hampir setiap anak saat ini sudah memilikinya,” tegasnya.








Komentar Via Website : 1
Cara Mengatasi Alergi
20 Februari 2018 - 15:50:45 WIB
Happy Tuesday, may your day be good
https://goo.gl/GTEHyx
https://goo.gl/S2yMqS
https://goo.gl/LwPLrs
https://goo.gl/i7MUa5
https:/ /goo.gl/Q3d11N
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)