berita

LPPM UNTAG Surabaya Selenggarakan Seminar Nasional Hilirisasi Hasil Penelitian

Kusnan | Senin, 02 Oktober 2017 - 11:11:22 WIB | dibaca: 275 pembaca

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNTAG Surabaya menyelenggarakan Seminar Nasional bertema “ Hilirisasi Hasil Penelitian”. Seminar yang bertempat di Meeting Room 1 ini diikuti 100 peserta dari kalangan dosen dan mahasiswa, Kamis (26/9/2017).

Rektor UNTAG Surabaya Prof. Dr. drg. Ida Aju Brahmasari, Dipl., DHE., MPA yang berkesempatan hadir dalam seminar untuk memberikan sambutan sekaligus membuka acara mengatakan, skema penelitian dan pengabdian Dikti sekarang ini mengalami perubahan. Sekarang, kata dia, penelitian dan pengabdian adalah berbasis luaran.

Tahun ini UNTAG Surabaya mendapatkan hibah penelitian dosen sebanyak 21, sedangkan mahasiswa ada 1 penelitian,” ucap guru besar Fakultas Ekonomi itu diawal sambutannya.

Dalam sambutannya Prof. Brahmasari juga menegaskan kembali bahwa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas dari dosen. Tugas dosen telah tercantum dalam Tridharma Perguruan Tinggi, yang mencakup pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Harapannya penelitian yang dilakukan dosen bisa meningkatkan jumlah publikasi nasional maupun internasional. Dan, yang tidak kalah penting ketika dosen melakukan penelitian keterlibatan mahasiswa sangat diperlukan untuk memberikan wawasan dan pengalaman kepada mahasiswa,” tegasnya.

Sementara itu, keynote speaker seminar nasional Prof. Dr. Akhmad Fauzy, S.SI.,M.Si.,Ph.D mengatakan, yang pertama kali harus diperhatikan ketika dosen menulis proposal penelitian adalah pedoman yang dikeluarkan oleh Dikti. Menurut guru besar statistika dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini, tidak sedikit dosen yang acuh terhadap pedoman yang diberikan.

“Padahal jika proposal penelitian tidak sesuai dengan pedoman tidak akan diproses. Meskipun sebenarnya proposal penelitiannya sangat bagus. Jadi, yang pertama harus diperhatikan adalah syarat administrasinya dulu, setelah itu baru reviewer akan melangkah ke tahap selanjutnya,” jelasnya.

Saat ini Prof. Fauzy merupakan reviewer Hibah Penelitian Kemenristekdikti, reviewer Program Kreavitas Mahasiswa (PKM), Juri Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), dan menjabat sebagai Direktur DPPM serta sekretaris senat UII Yogyakarta.

 








Komentar Via Website : 2
sehat alami herbal
05 Oktober 2017 - 15:56:46 WIB
6 Tanaman Obat Tradisional Untuk Penyakit Asma
09 Oktober 2017 - 07:22:45 WIB
selamat pagi http://www.herbalparu.com/6-tanaman-obat-tradisional-untuk -penyakit-asma/ Terimakasih
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)