berita

Magister Profesi Psikologi UNTAG Surabaya Gelar Workshop Kreativitas & Kompetensi Sosial Siswa Cerdas Istimewa

Latifah | Kamis, 27 September 2018 - 12:30:29 WIB | dibaca: 34 pembaca

Program Studi Magister Profesi Psikologi (Mampro) UNTAG Surabaya, kembali selenggarakan Workshop dengan tajuk ‘’Tes Kreativitas & Kompetensi Sosial Siswa Cerdas Istimewa’’ selama dua hari (22-23/09/2018). Kegiatan di gedung Pasca Sarjana, UNTAG Surabaya itu, menghadirkan Niken Titi Pratitis, M.Si., Psikolog., (Dosen Fakukltas Psikologi UNTAG Surabaya sekaligus pengurus Himpsi Jatim), dan Dr. Rini Sugiarti, M.Si., Psikolog., (Dekan Fakultas Psikologi Universitas Semarang) sebagai pemateri.

Anak cerdas istimewa merupakan anak yang memiliki kemampuan intelektual yang berada dalam kategori diatas anak normal pada umumnya. Anak cerdas istimewa yang cenderung kritis dan menyukai bidang keilmuwan berdampak pada minimnya waktu yang digunakan dalam melakukan sosialisasi dengan lingkungan, sehingga lingkungan menilai bahwa anak cerdas istimewa tidak memiliki kompetensi sosial yang baik.

Dalam sambutannya, Dr. Suroso, M.Si, Psikolog, Dekan Fakultas Psikologi, mengucapkan terimakasih kepada Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Jatim khususnya, yang selalu mensuport Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya untuk terus memberikan wadah pendidikan berkelanjutan.

‘’Terimakasih untuk Himpsi, semoga tetap mendukung kegiatan Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya. Di Fakultas Psikologi, kami memiliki kebijakan yang sejalan dengan kebijakan Himpsi Jawa Timur dalam rangka mensejahterakan anggota Himpsi yang mengabdi pada masyarakat,’’ tutur Dr. Suroso

Bersyukurlah, ujar Dr. Suroso, ketika diberi kepercayaan untuk terus belajar dan belajar. ‘’Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat dan menginspirasi kita semua untuk terus menuntut ilmu,’’ ucapnya

Sementara itu diwaktu yang sama, ketua II Himpsi Jatim, F. Yuni Apsari., S.Psi., M.Si., Psikolog., menyampaikan bahwa Himpsi Jatim senantiasa mengadakan pendidikan berkelanjutan, seperti workshop, seminar, sharing, learning, dll, untuk  meningkatkan kompetensi semua anggotanya.

‘’Kami sangat berterimakasih, karena Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya sangat progresif  memberikan wadah sharing, learning dan pengembangan wawasan,’’ ungkapnya

Lebih lanjut, ia mengatakan, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat karena mampu meningkatkan kompetensi yang telah dimiliki.

‘’Harus diingat diluar sana perubahan berkembang pesat, tantangan Psikolog sangat luar biasa untuk berkiprah dimasyarakat, maka kita harus terus mengasas kompetensi ataupun wawasan yang dimiliki,’’ ujar Dr. Yuni .

Pada workshop kali ini materi yang diberikan selama dua hari, yaitu : konsep atau devinisi kreatifitas, peran kreativitas dalam kehidupan, teori-teori kreativitas, pengembangan tes kreativitas dari luar negeri dan dalam negeri serta tes kerativitas, pemanfaatannya, konsep dasar siswa cerdas istimewa, ciri-ciri siswa cerdas istimewa sebagai dasar diagnosis, treatment siswa cerdas istimewa (kelas akselerasi, enrichment, tutor sebaya), simulasi kasus dan kompetensi sosial siswa cerdas istimewa.

 

 








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)