Sorotan

Mahasiswa Asing Perlu Belajar Bahasa Indonesia Untuk Meminimalisir Salah Persepsi

Kusnan | Senin, 04 September 2017 - 09:24:10 WIB | dibaca: 515 pembaca

UNTAG Surabaya saat ini menerima dua mahasiswa Khon Kaen University (KKU) Thailand dalam rangka Student Internship Program di Fakultas Teknik selama 4 bulan (16 Agustus-30 November 2017). Salah satu kegiatan mahasiswa Thailand tersebut, adalah belajar bahasa Indonesia.

Perlu diketahui bahwa tahun ini, Fakultas Teknik sudah dua kali menerima mahasiswa Thailand  dalam rangka Student Internship Program. Setiap mahasiswa asing yang melakukan kegiatan di UNTAG Surabaya diwajibkan untuk mengenal dan belajar bahasa Indonesia untuk menghindari salah persepsi.

Menurut staf pengajar bahasa Indonesia untuk mahasiswa Thailand,  Umul Khasanah, S.S.,M.Lit bahasa Indonesia penting sekali untuk dikenalkan dan dipelajari oleh mahasiswa asing yang melakukan kegiatan di UNTAG Surabaya. Karena ketidaktahuan orang asing terhadap bahasa Indonesia bisa mengakibatkan salah persepsi tentang bangsa Indonesia.

Bahasa Indonesia perlu dikenalkan dan diajarkan kepada orang asing. Kadang mereka salah persepsi ketika membaca informasi, misalnya mengenai kondisi politik, budaya, keamanan karena belum memahami betul bahasa Indonesia. Yang dikhawatirkan mereka salahpahamnya itu negatif,” jelas dosen Sastra Jepang itu kepada warta17agustus.com.

Lebih lanjut wakil dekan Fakultas Sastra tersebut mengatakan, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir salah persepsi orang asing terhadap bangsa Indonesia yang disebabkan karena belum memahami secara benar bahasa Indonesia.

“Orang Indonesia yang ada di luar negeri bisa mengajak orang asing untuk berdiskusi. Dalam hal ini diperlukan kemampuan bergaul yang baik selain skill bahasa. Memang akan lebih baik jika orang asing itu bisa datang langsung ke Indonesia dan bergaul dengan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, dua mahasiswa Thailand yang sudah berada di UNTAG Surabaya sejak tanggal 16 Agustus 2017 tersebut, selain belajar bahasa Indonesia juga belajar budaya dan melakukan penelitian.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)