berita

Mahasiswa KKN UNTAG Surabaya Ajak Pemuda Dusun Sidomulyo Berkarya dengan Teknologi

Redaksi | Kamis, 09 Agustus 2018 - 09:17:15 WIB | dibaca: 37 pembaca

Mahasiswa KKN UNTAG Surabaya mengajak Dusun Sidomulyo untuk berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Kegiatan dari Divisi Kewirausahaan (KWU) tersebut dilaksanakan di Gedung SMK Sunan Drajat, Dusun Sidomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Selasa (31/07).

Bassok Trimadani, salah satu anggota Devisi KWU menyampaikan bahwa mayoritas warga Dusun Sidomulyo bermata pencaharian sebagai pedagang dan petani. Produk unggulan desa ini yaitu buah mangga, buah pisang, tambak udang dan ikan serta pertanian (padi).

‘’Kami mengadakan seminar serta pendampingan kepada karang taruna setempat dan siswa-siswi SMK untuk memajukan generasi usahawan dengan meningkatkan nilai jual dari hasil bumi desa ini. Selain itu, kami mengajarkan bagaimana berkarya melalui produk fotografi. Cukup menggunakan kamera handphone namun hasil bisa professional,’’ papar Mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan itu

Mahasiswa angkatan 2015 itu lebih lanjut menjelaskan materi yang diberikan pada perserta yaitu mulai dari cara mendapatkan ide memaksimalkan potensi desa, cara mendapatkan modal bagi siswa dan tehnik foto produk serta cara memasarkan produk.

‘’Banyak cara mendapatkan modal, contohnya dengan mengikuti kompetisi (business plan, essay, artikel ilmiah, foto produk) baik dari sekolah, Universitas, Kecamatan maupun Pemerintahan. Dan kami ajarkan bagaimana memasarkan produk mulai dari offline hingga pemasaran online,’’

Kegiatan ini, ungkap Dani, diharapankan mampu mencetak generasi usahawan yang tangguh dan kompeten di bidangnya. Serta bisa memajukan siswa-siswii berkarya dengan skill yang dimiliki.

‘’Dengan mereka mengetahui cara memaksimalkan teknologi yang ada, kami sangat berharap karang taruna Dusun Sidomulyo maupun siswa-siswi SMK Sunan Drajat menjadi inkubasi dalam meningkatkan pemuda-pemudi yang mandiri dan berprestasi,’’ ujarnya (Gilang)








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)